Sabtu, 28 Juli 2012

Untold Story #3 (this is about reality)


Tadi di sekolah, biasa banyak anak baru yang masih kecil-kecil. Di kelas pun masih ditemenin sama mamanya, dan biasa juga mamanya suka moto-moto kegiatan anaknya di kelas. Biasanya yang kaya gitu tuh ibu-ibu muda yang baru punya anak satu. Nganterin anaknya, sambil fotoin kegiatan anaknya, progressnya bgimana, rasnya mereka tuh seneng banget liat anaknya berani maju ke depan, ato sekedar mewarnai gambar, atau bahkan sekedar nulis corat-coret. Sang mama pun Nyemangatin anaknya. Tiba-tiba Gue jadi mikir, ntar gue gitu nggak ya? Maksudnya, gue pengen jadi wanita karir, tapi gue juga mau banget jadi ibu rumah tangga yang tetep bisa ngeliat perkembangan jagoan kecil gue. Gue pengen jadi wanita karir, seengganya banggain mama lah yang udah nyekolahin gue sampe InsyaAllah jadi sarjana ini, dan kalo dikasih kesempatan umur dan uang lebih, maunya lanjut sekolah terus S2, S3 atau bahkan sampe Profesor, ya kalo otak gue sanggup itu juga hehe. Terus gue ngejer karir gue, ya jadi guru, dosen, ataupun jadi bagian di kemendiknas, sesuai impian gue. Jadi perempuan kantoran, yang bergulat dengan pekerjaan. Tapi disini gue mikir, kalo gue kerja macem gitu, terus waktu buat keluarga gue kapan? Waktu buat nganterin anak gue kapan? Gue nggak mau anak gue jadi macamnya kayak barang yang dititpin di neneknya, ato ngga di tempat penitipan anak. Yang kalo gue sama suami berangkat dititipin, entar kalo kita balik diambil. Nah, itu barang apa anak. Ato nggak ntar anak gue dari pagi sampe sore liatnya pembantu terus, makan sama pembantu, main sama pembantu, belajar sama pembantu, bisa-bisa ntar dia lebih sayang sama pembantunya dibanding sama mamanya. Gue temuin banyak yang kayak gini, kalo pembantunya pergi anaknya nangis, eh malah kalo ibunya pergi anaknya acuh biasa aja. Gue si gamau kaya gitu. Kenyataannya, gue pernah nemuin kejadian dimana si Ibu pergi ke Perancis buat nerusin sekolah, dan dia ninggalin anaknya selama satu tahun di Indonesia, mereka berkomunikasi hanya lewat webcam. Si anak gamau ngomong kalau ibunya Cuma telpon, at least Cuma denger suaranya, entah kenapa. Dari sini uda keliatan penolakan anak, yang kadang keegoisan orang tua bikin gak mengerti sama keadaan si anak, jawabannya hanya “mau gimana lagi, keadaan yang memaksa”.  Dan yang lebih sedih, waktu pas ibunya balik ke Indonesia, si ibu sengaja ngejemput anaknya di sekolah, pas pulang sekolah, sang ibu dengan mata berbinar menunggu anaknya sampai keluar dari kelas, tapi si anak malah pertama memeluk pembantunya, setelah beberapa saat si ibu langsung bilang “ini mama sayang, ini mama” barulah si anak berpindah pelukan, itupun dengan muka yang bingung, seakan dia gak kenal siapa orang yang bilang “mama” ke dia. Gue yang ngeliatnya ya ngenes sendiri aja ya. Tapi gue gak nyalahin anaknya, mungkin dia menemukan sosok ibu di pembantunya, yang tiap hari dilihat, dipeluk. Entahlah, ya memang keadaan yang memaksa. Dulu sempet mikir, mending jadi ibu rumah tangga aja kali ya, tapi balik lagi dimana pertanggung jawaban gue dari gelar sarjana itu? Terus ntar ada ungkapan, buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau ujung-ujungnya Cuma jadi ibu rumah tangga. Bagi gue, ini adalah dilemma. Mungkin suami gue gak masalah dengan pekerjaan gue, tapi gimana dengan anak-anak gue? Gimana perkembangannya. Yang lebih tepat, gimana perasaannya? Mama sering bilang, nanti kalo kerja dan punya suami, kerjanya sekiranya kalo berangkat sesudah suami, dan pulang sebelum suami. Nah itu jug ague masi mikir, gue yang hidup Alhamdulillah cukup dengan kasih sayang mama papa gue, ibu gue yang ibu rumah tangga bener-bener bisa gue liat tiap saat tiap waktu, nanti kalo gue kerja anak gue ditaro dimana dong. Ngeliat anak yang dititipin di neneknya aja gue sedih. Masa anak gue harus ngalamin kejadian kaya gitu. Jadi wanita karir emang cita-cita gue, tapi gue gak mau egois sampai harus ngorbanin anak gue, keluarga gue. Bahkan ada seorang ibu yang kalo kata gue mah karirnya udah sukses banget, ngerasa sedih soalnya gak bisa nganter sekolah anaknya tiap hari. Saat dia nganter anaknya sekolah, hal itu menjadi saat indah buatnya, dia mau banget tiap hari nganter anaknya sekolah, liat perkembangan anaknya, atau bahkan hanya sekedar menemani anaknya main serodotan di sekolah, tapi balik lagi keadaan pekerjaan dia yang memaksa dirinya gak bisa mengantar anaknya ke sekolah. Dirinya sibuk bergulat dengan pekerjaannya. Ah, ironi memang. Terus, entar lo gitu ngga ky? Well, gue juga nggak tau. Jadi guru emang pekerjaan yang tepat bagi seorang ibu. Brangkat jam 7 pulang jam 12, at least masi sempet gue nganterin si jagoan ke sekolah, masih sempet juga kan bikinin makan siang penuh gizi, dan masih sempet juga jadi istri yang nungguin suami pulang. Tapi mikir lagi, masa iya anak orang diajarin biar pinter, anak sendiri ditinggalin sama nenek, walopun 5 jam, tetep aja anak gue ntar lebih deket sama nenek dibanding sama gue. Entahlah banyak banget pikiran yang berkecamuk di otak gue tentang masa depan, keluarga, karir. Ah rumit, tapi gue Cuma pengen hidup gue balance antara karir dan keluarga. Dan hidup itu pilihan. Kita manusia tinggal milih mau yang mana, ketika ada kesempatan dan peluang, yang dianggap yang terbaik pasti diambil, sampai kadang harus ada yang dikorbankan, tapi ini realita hidup. Yah mudah-mudahan bias menjalai semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar