Sabtu, 18 Mei 2013

Hati-hati penipuan lewat telepon genggam

Sore ini ketika saya pulang ngeles, saya ingin memasukkan motor ke dalam rumah, tiba-tiba mama bilang, motor jangan dimasukkan, dengan wajah panik, gemetar sambil terus berbicara di telepon, entah telepon dari siapa. Mama yang panik langsung minta antar saya ke konter pulsa di ruko. Mama hanya bilang Mang Ali (paman saya) kena tilang, polisinya minta pulsa 100 ribu, uda mama kirim, tapi katanya salah nomer, minta dikirim lagi ke nomer yang ini, kata polisinya jangan bilang-bilang kalo yang minta pulsanya polisi. Mama keukeuh saat itu, saya tau mama orangnya panikan, apalagi menyangkut saudara, pasti sebisa mungkin mama bantu. Saya curiga ini penipuan "mama minta pulsa" yang marak beberapa waktu itu. Mama itu orang awam tentang handphone, megang hape juga baru beberapa bulan ini, dan hanya digunakan untuk telepon atau menerima telepon. Saya coba menenangkan mama, dengan bilang ini mungkin penipuan, tapi mama keukeuh.  Si orang itu nelpon lagi, dan saya angkat telponnya.
O: Gimana, uda dikirim belum bu?
K: Maaf, ini siapa ya, saya anaknya bu Lina?
O: Ibu Lina nya kemana? Udah pergi ke konter belum?
K: Iya sudah mas (padahal mama ada di sebelah saya)
O: Anda ngga tau saya siapa? saya bukan tukang baso, jangan panggil mas, saya polisi. Pak Ali terkena razia. Hubungan Anda dengan pak Ali apa?
K: Pak Ali paman saya pak, razia apa pak?
O: Razia huru hara, anda tau ngga?
Karena kesal, saya diam saja, sampai si oknum tersebut mematikan telpnya. Jujur, di telepon si oknum yang katanya polisi itu suaranya nyeremin banget, sok tegas, bagaikan mau nikam saya. Saya hanya mikir, razia huru hara? apaan tuh? mama bilang Mang Ali kena razia gabungan yang ada di larangan, pas sebelum magrib, dan sebelum magrib itu di cirebon hujan besar, banget. Saya mulai pikir, ini pasti penipuan. Tapi, mama tetep keukeuh.
Sampe konter, mama langsung ke mas yang tadi ngisiin pulsa, dan bilang kalo nomornya salah, masmasnya bilang kalo pulsanya udah masuk. Mama langsung nyuruh mas-mas buat ngisi ke nomer yang kata si oknum bener. Saya ngode ke mas-masnya kalo jangan diisi.Saya tanya ke mama polisinya bilang apa, terus mama bilang jangan bilang-bilang itu dari polisi. Saya berusaha tenangin mama yang makin panik, terus mas-mas konter yang ngeliat gerak-gerik saya dan mama juga ikutan nimbrung dan menasehati. Dia bilang "Ibu tenang dulu, ini ih==nih mdus penipuan, kemaren-kemaren juga ada yang begini, minta telpon isiin pulsa, taunyanomernya salah, minta isiin lagi, gitu seterusnya. Ibu sekarang cek aja, yang Pak Ali itu ada dimana". Saya langsung coba menghubungi Mang Ali, tapi ngga diangkat. Dan si oknum terus menelpon mama, saya saking penasarannya, pengen tau suara Mang Ali ini, suaranya apa bukan. Pas saya denger suaranya, saya yakin sekali ini bukan mang Ali, jelas-jelas mang Ali orang sunda, tapi Mang Ali yang ditelepon malah ngomong jawaan medok. Wah, ini penipuan. Saya dan mas konter coba jelasin ke mama, kalo ini tu cuma penipuan, atau mungkin mama di hipnotis lewat hape, halah. Saya dan mama pun akhirnya pulang ke rumah, masih dengan perasaan waswas. Kemudian, hape saya bunyi, pesan dari mang Ali, dan dia bilang "kenapa? ada dirumah"
Ahh, mama jadi korban penipuan, sampai sekarang si oknum gak nelpon-nelpon lagi. Dan, saya pun akhirnya tau kronologis sebenarnya. Gini awalnya
(Telepon diangkat Bila)
B: Halo
O: lagi apa?
B: ini siapa?
O: masa ngga apal suaranya?
B: Siapa sih? Mang ali tah?
Nah kemudian telepon berpindah tangan ke mama, dan si oknum mengaku sebagai mang Ali.

Well, ini memang palajaran bagi mama, saya atau siapapun, yang ngga boleh panik kalo ngedenger kabar apapun, dan jangan mudah percaya dengan telepon dari seberang. 
Dan, untuk para oknum yang bersangkutan, duh ya, udah gak jaman kali nipu-nipu kaya gitu.Mending orang yang kalian kasi kabar hoax cuma panik, kalo jantungan? situ mau tanggung jawab. Carilah rejeki dengan cara yang halal, belilah pulsa di konter, bukan nipu!
Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar