Jumat, 13 Desember 2013

4 cm; Perjalanan 4 sahabat ke Yogyakarta – Day 1

06.30. Kereta berhenti di stasiun Lempuyangan. Seneng? Iya. Gak nyangka aja akhirnya bisa traveling sama temen-temen, berempat lagi, yang sama-sama gatau daerah Jogja. Sampe stasiun, kita bingung. "Mau kemana kita?" masih pagi gini, mendung, gerimis, dan belum beli peta. Di itinerary nya kita mau langsung ke keraton, tapi hey! Kita bawa tas ransel yang cukup besar.  Kita keluar stasiun tanpa ara tanpa tujuan, cuma berbekal google maps. Udah jalan cukup jauh, kita memutuskan untuk putar arah ke stasiun (lagi) guna mencari sarapan, karena perut yang tak bisa kompromi. Nemu angkringan di depan stasiun, lupa deh tuh namanya apa. Kalo perkiraan Fitri mah ini angkringan udah turun temurun, soalnya udah tua banget tempat sama yang jaganya. Entahlah, Fitri emang sok tahu.
Yakali mau muter-muter bawa grembolan segini banyak
yeay! PETA PETA PETA
iya, tau alay tau
Setelah perut kenyang dan hasil tukar fikiran dengan bapak-bapak yang jaga angkringan, kita pun memutuskan untuk... ke hotel dulu nyimpen barang. Naik becak sampailah kita ke sosrowijayan No. 9. Hotel Indonesia, hotel tempat kita menginap dua hari kedepan. Nyampe sana disambut oleh bapak-bapak resepsionis yang hangat banget, ngasih solusi perjalan dan ngasih peta. Oh, yes! PETA. itu yang kita cari, karena google maps kadang sulit untuk dipahami. Ternyata kamar hotel kami belum siap. Jadi kami putuskan untuk "titip" barang, kemudian jalan. Buka peta dan yang terlihat dekat adalah benteng vredeburg. Kita pun kesana, jalan kaki. Abis bingung mau naik apaan. Di jalanan banyak yang jualan, iyalah ini kan sekitaran malioboro. Malioboro yang terkenal itu loh. Banyak juga mamang becak yang nawarin "muterin" jogja hanya dengan uang lima ribu rupiah. Jalan, jalan terus, di peta lurus aja.

Dan sampailah di benteng vredeburg. Sepi, dan agak bingung sih, nggak seperti yang dibayangkan. Yang gue bayangin kaya nbenteng-benteng belanda gitu, yaa taunya Macem monas, ada banyak diorama-diorama gitu. Ada empat kalo nggak salah, tapi diorama yang ke empat nggak gue masukin, soalnya, umm agak horor gimana gitu ya. Dengan Rp. 2000,- kita bisa keliling benteng dan diorama. Tempatnya rindaaang, dan suasananya enak, didukung mendung juga sih. Pas lagi mau ngatur timer camdig, ada bapak-bapak yang baik banget menawarkan diri untuk motin kita berempat.

salah satu diorama
ini patung yang bikin kaget pas masuk

Udah bosen dan lelah muterin vredeburg, kita lurus terus, dan nemuin taman pintar juga taman budaya. Tapi nggak paham lokasi sebenernya dimana. Pas ada satpam yang lewat kita tanya. Nah untuk masuk taman pintar yang kebagi jadi berapa bagian gitu, lupa. Pake karcis yang beda lagi, tiap masuk ke gedung-gedungnya. Karena kita udah lelah, juga belum mandi (liat aja fotonya kucel gitu), kita gak masuk ke taman pintar. Cuma foto di depannya doang. Terus kita pulang ke hotel (jalan kaki lagi). Waktu berasa lama banget, nggak muter-muter. Rasanya capeeeek banget, padahal baru hari pertama. Nyampe hotel jam 10, dan kamar (masih) belum siap. Nunggu sebentar, kamer pun siaaap. Langsung masuk kamer, dan gak sampai hitungan jam, kami semua langsung molor. Kecapean banget nih keliatannya. Didukung oleh hujan yang turun, bingung juga kan kalo keman-mana hujan. Bawa payung sih, tapi cuma satu. hahaha
Bangun sekitar jam 12 an. Kami langsung siap-siap. Di itenerary sih mau ke kraton sama tamansari, liat peta, itu sejalan ko. Okesip. tapi sebelumnya kita makan dulu. Aku pengen banget nyobain gudeg jogja. Di sekitaran malioboro banyak warung yang menawarkan makanan, gudeg salah satunya. Kami pun makan disana. Sambil tanya-tanya, kalo ke kraton kira-kira naik ap. Tapi bapa-bapanya bilang kalo jam segini kraton udah tutup. Yaaah. Akhirnya kita mutusin buat belanja aja. Ya namanya perempuan, gak nyampe sejam, udah banyak banget belanjaan kita.
Setelah capek belanja, kita mau ke alun-alun yang ada beringin kembarnya itu loh, yang terkenal. haha. Tapi kalo di peta kok agak jauh ya. Nining dan Linda udah ngedumel capek jalannya. Akhirnya kami naik becak, dan jikalau Linda yang nawar, sudahlah bikin pengen digeplak Lindanya. 15ribu, dari malioboro ke beringin kembar. Nyampe sana udah banyak orang yang kayak kita. Jalan dengan mata tertutup, kalo lewat beringin kembar katanya hati bersih, ato apa ya gitu. Aku mulai duluan. Yang pertama, gagal. Jauh. Dan yang kedua kalinya, yeah! lewat! Hatiku bersyih, mungkin. Linda dan fitri, sama sepertiku. Kedua kali baru berhasil. Daaaan, nining sekali doang langsung berhasil. Hmm, udah si disini begini doang, bingung mau ngapain lagi. Kata yang nyewain tutup mata mah kalo mau rame abis magrib. Tapi berhubung kita belom pada solat, kahirnya kita mutusin buat pulang aja deh. Rencananya mau jalan kaki. Ngelewatin kampung taman, nyari masjid disana dan dapet. Terus jalan, ternyata nggak sampe-sampe. Yak akhirnya ngebecak lagi.

Sampe hotel, istirahat, dan magriban. Sambil mikir mau kenana lagi dan mau makan dimana. Pilihan, jatuh ke tugu jogja. Di peta, iya di peta keliatannya deket, di peta ngga ada skala nya sih, jadi kita nggak bisa ngira-ngira. Abis lurus doang kan ya? Jalan kaki, terus-terus. Ngelewatin stasiun tugu, angkringan, dan kopi joss, jalanan malioboro yang kalo malem ruame banget. Dari mulai yang lokal sampe asing ada disana. Akhirnya sampai juga di tugu jogja, yang sering kita liat di ftv, haha. foto-foto disana, kaya menantang maut. Tugu ada di tengah jalan, kita kalo mau foto tunggu lampu merah dulu. Kalo udah ijo, kendaraan jalannya wuzz cepet banget bisa keserempet kita.

Sudah foto, kita mau makaaan. Tapi nggak mau makan angkringan. Bingung kan ya makanannya begitu doang. Akhirnya, diputuskan di sekitaran malioboro (lagi). Kita pesen makan. Aku pesen soto daging, fitri baso, linda dan nining nasi goreng. Dan tahukaaaah, makanannya not good banget. Duh, nggak seperti yang dibayangkan. Makanannya bikin patah hati, dan kesel. Juga nggak nikmat. Sambil ngedumel juga makannya. Pokonya lain kali jangan makan disini. Titik. Kemudian, pulang ke hotel dan... istirahat.