Selasa, 17 Desember 2013

4 cm; Perjalanan 4 sahabat ke Yogyakarta – Day 2

Hari kedua di Yogyakarta. Masih bangun pagi di Indonesia Hotel. Pagi hari, setelah melewati pedebatan yang cukup sengit, akhirnya kami memutuskan untuk sewa mobil. Pertimbangannya, kalo terus-terusan jalan kaki, yang jauh-jauh ngga akan kejangkau. Kalo terus-terusan naik beca, selain orot kasian juga mamangnya. Kalo nyewa motor, lagi banyak operasi zabra oleh bapak polisi. Jadi kita naik mobil aja, tinggal duduk manis langsung diantar ke tempat tujuan, tanpa kepanasan, tanpa keujanan. *backpacker amatiran*

Gak perlu jauh nyewa mobil karena pas hari pertama sampai hotel, ada jasa travel yang ngasih kartu nama ke Linda. SoSweet nama travelnya. Langsung kita telpon, dan fix. Dengan harga Rp. 400.000 kami diajak berkeliling Jogja selama sepuluh jam. Kami bilang ke mas supir yang jambulnya cetar mau ke prambanan, pantai indrayanti, coklat monggo, monjali. Tapi  mas yang jambulnya cetar bilang kalo ke indrayanti ndak cukup waktunya. Mending ke goa pindul. Kita manut aja deeeh. Rencana kita mau berangkat sekitar jam 10an, kita mau nyari makan dulu. Tapi, sekali lagi mas yang jambulnya cetar bilang kalo jam 10 kesiangan, dan dia berjanji akan nganter kita makan di resto yang enak. Karena  patah hati sama makanan tadi malem, denger resto yang enak kita langsung buru-buru naik ke mobil.

ini restonya, makanannya recomended!
Sepanjang jalan menuju Prambanan, mas yang jambulnya cetar udah kaya tour guide, ngejelasin kanan kiri, depan belakang. Dengan bahasa Jawa khas orang jogja, kita tahu sekitaran jogja. Perjalanan ke Prambanan ternyata jauh juga, perut udah keroncongan tapi belum sampai juga. Sekitar 45menitan, akhirnya kita sampai, bukan di Prambanan tapi di resto yang dijanjikan si mas yang jambulnya cetar.Lupa nama restonya apa, tapi makanannya TOP banget lah. Kayak semacam balas dendam kita makan disana hihi.

background di belakang bukan hasil photoshop
Udah kenyang kita langsung dibawa sama si mas yang jambulnya cetar ke Candi Prambanan. Tiket masuk Rp. 30.000,- kita bisa langsung masuk Candi. Kita disana dikasih kaya semacam selendang, dan dipake di pinggang. Katanya sih supaya jadi khas gitu. Liat candinya, Kewl! Emang kadang nggak habis pikir, gimana caranya orang jaman dulu bikin bangunan macem gini. Tapi... disana panas bangeeeet. Matahari kaya ada di atas kepala. Banyak juga yang nyediain jasa penyewaan payung. Banyak bule disana. Dari satu candi ke candi yang lainnya mayan meeen bikin kaki gempor. Naik-naiknya juga. Tapi, kagum deh disini. Udah cukup puas, kita lanjutkan lagi travellingnya.

suka banget sama foto yang ini :3
Goa Pindul! dari prambanan ke Goa Pindul ini masyaAllah jauhnya. Kebayang kalo naik motor. Goa Pindul ada di daerah gunung kidul.  Kita kaya naik-naik ke puncak gunung gitu. Jauh sekali pemirsa. Tapi jauhnya kebayar sama permainan yang ada di sekitaran goa pindul. Yap sampe sana, kita ditawarin 3 paket permainan. Ada cave tubing, menjelajah di goa yang lumpur-lumpur gitu, dan rafting. Tertarik banget sama cave tubing dan rafting. Tapi kata mas-mas rafting sekarang nggak seru, soalnya air lagi pasang, eh pasang apa surut ya. Akhirnya kita cave tubing, menjelajahi goa pindul pake ban. bIayanya Rp. 35.000/orang.

di dalam goa
Deg-degan. namanya juga goa, gelap men. Tiap kelompok dikasih instruktur. Duh lupa nama instrukturnya. Bapak-bapak instruktur ini lucu. Kita, naik ban masing-masing, dan bergandengan satu sama lain, menyusuri goa. Dari zona terang, remang, kemudian gelap. Ada banyak stalagtit dan stalagmit (bener gak tuh tulisannya) yang masih aktif. Artinya mereka masih bisa lebih panjang lagi. Ada aer netes yang katanya bisa bikin cantik, ditungguin airnya, eh nggak netes-netes. Ada juga yang katanya bisa dapet jodoh *percik percik*. haha. Di ujung goa, kita semua disuruh berenang untuk sampai ke bibir sungai. Nining doang yang panik nggak mau berenang.

muka Linda habis muntah
Selesai basah-basahan, kita langsung ganti baju dan bersiap untuk melanjutkan perjalanan lagi. Lelah banget, apalagi ditambah panas matahari yang cukup menyengat. Aku mau ke pantai. Tapi mas yang jambulnya cetar bilang ndak akan cukup waktunya. Yaaah. Linda langsung misuh "Ke coklat monggo". Yak, akhirnya kita ke coklat monggo. Di perjalanan, Linda mabok. Dia masuk angin dan muntah-muntah. Aku perutnya nggak karuan. Sampe coklat monggo, kita icip sampelnya. Pait banget. Aku emang suka coklat, tapi sukanya yang manis, nggak pait. Abis belanja, kita lanjut lagi.

Monjali (Monumen Jogja Kembali) adalah tujuan terakhir. Kita kesana nggak mau masuk ke monumennya sih, mau ke taman pelangi nya. Tapi karena kita sampai sana sekitar jam setengah 5, lampu-lampu di taman pelangi belumm dinyalain. Akhirnya kita sholat dulu, dan Linda (yang masuk angin) kerokan di mushola. Sholat udah, tapi masih belum nyala juga. Akhirnya kita makan dulu di warung-warungnya. Sampe magrib, lampu di taman pelangi akhirnya nyala. Taman pelangi ini mirip kaya BCL (Bandung Carnival Land) di Bandung. Kita bisa liat macem-macem bentuk yang warna warni. Muter sebentar, sekitar jam 7 kita putusin buat.... pulang.
ummm
abaikan

Dari monjali ke malioboro, nggak jauh. Cuma lurus aja (iya, di peta mah gitu). Di jala, nining mampir ke apotek buat beli obat-obatan. Sekitar 10menitan, sampailah kita di hotel Summer Season, depan hotel yang kita nginep. Setelah bilang terimakasih, kita langsung cabut ke dalam hotel. Pas di dalam hotel. Mas yang jambulnya cetar nelpon Fitri dan bilang "Maaf mbak, uang mobilnya belum ya?". Dan kita semua saling bertatapan. Bukannya udah. Pas ngecek  kantongnya Fitri, ternyata emang belum. Hahaha, malu banget udah say goodbye eh belum bayar. Nggak habis fikir, kenapa si mas yang jambulnya cetar nggak bilang pas kita turun aja. Ya ini, orang jogja, semuanya paham tata kromo :)).

Sampe hotel, bebersih dan sebagainya. Packing juga buat besok pulang. Malem dan laper. Kita mutusin buat beli makan sekalian nyari barang-barang lagi. Udah jalan jauh akhirnya mutusin makan di... KFC. Iya, jauh-jauh ke jogja makannya di KFC. Abis, daripada makan di yang nggak jelas lagi mending makan di yang udah pasti. Abis muteriin malioboro, kita pulang lagi dan tidur, bersiap untuk hari besok.