Kamis, 19 Desember 2013

Patkay dan eMeLeM

Kemaren, pas gue lagi ke supermarket, gue ketemu sama temen sekelas jaman SMA. Temen belanja bareng, nyontek bareng, curhat bareng, sampe apa-apa bareng. Dia kuliah di Bandung, gue di Cirebon. Jadi selepas SMA jarang ketemu gitu. Cipika-cipiki, terus ngobrol, karena gue saat itu mau belanja, gue pamit sama doi. Tapi sebelumnya terjadi percakapan
Kiky (K)
Temen (T)
T : Udah kerja belom?
K : Yaa, masih ngeles-ngeles aja sih.
T : Hari ini kosong nggak?
K : Kosong, sih. Ada apaan?
T : Minta waktunya ya sampe jam 5, mau ada bisnis gitu.
K : Bisnis apaan? MLM ya? (nggak tau kenapa saat itu terbesit di otak gue MLM)
T : Bukan, udah nanti ikut aja. Jam 2 ditunggu ya di bawah. (Saat itu jam 1 siang)
Karena gue penasaran, gue iyain ajakan si temen. Gue belanja dulu. Sembari belanja, sembari mikir, bakal diajak apaan ya gue. Diajak kerja? Wah alhamdulillah. Udah mikir yang enak-enak aja gue. Pas jam 2 gue kelar belanja, si temen lagi nunggu temen lainnya. Jadilah kita ber 4. Gue, temen, dan 2 orang temennya si temen. Kami langsung menuju tempat yang dijanjikan si temen. Samapilah kita di sebuah rumah. Udah banyak orang disana, yah seumuran gue, lebih muda dikit lah. Ada yang pake seragam SMA juga SMP. Duh, ini tempat apaan, nanti kalo gue di brainwash gimana? ato nanti gue diculik, terus di ihhh, amit-amit. Pikiran kaya gitu bikin gue merinding sendiri. Sampe sana gue langsung tanya temen. Ini apaan?

Kemudian si temen langsung menjelaskan. Ini tuh komunitas, terbesar di Indonesia. Hah? masa? Ko gue ngga tau. Katanya ada public speakingnya, bisa kenal banyak orang, dsb,dsb. Terus gue diliatin sms yang isisnya transferan duit, dari perusahaan. Gue mulai bingung, dan mulai yakin ini pasti MLM. apa hubungannya coba komunitas sama transferan...

Lalu kita yang berkumpul, masuk keruang tamu rumah. Dan disana bakal ada yang menjelaskan kenapa kita dikumpulin. Ada tiga orang. Sesi pertama. Anak muda yang katanya bekas karyawan. Menjelaskan tentang perusahaan ini, perusahaan yang katanya bukan MLM tapi bisa bikin kita milyarder. Produknya bisa membesarkan dan mengecilkan. Dan, oh kayanya gue salah tempat. Apa pula komunitas jadi ke perusahaan. Dan gue keganggu banget sama yang udah jadi "member" teriak-teriak dahsyat sambil tepuk tangan keras banget di telinga gue. Hello, ngana fikir ini acara musik di studio gede. Si anak muda bilang, yang tepuk-tepuk dahsyat ini bisa dapet duit. Pret. Yang gue bingung masa iya produk yang udah dapet segala macem sertifikat, tapi nggak dijual bebas. Ngok!

Sesi kedua, tentang bonus-bonus. Mba-mba yang lagi skripsian yang ngejelasin. Dan oh men, si mba udah kaya lagi orasi di lapangan suaranya. Gue diliatin angka-angka fantastis yang bakal masuk ke rekening kita, KAPAN? BESOK! Tapi, sebelum dapet bonus kita harus beli paket yang harganya juga fantastis. Makin banyak paket yang dibeli makin banyak juga bonus yang di dapet. Gue udah mulai gelisah, kapan kelar woy! gue mau balik. 

Sesi ketiga, ada mba-mba cantik yang jelasin gimana cara kerja samanya. Namanya *.....* olala, kenapa olala? karena bonus yang masuk ke rekening dia olala. Katanya kalo mau kaya harus punya kendaraan yang tepat. Ya ngana kerja juga bisa kaya keleus. Blablabla pret. Dia bilang cuma punya empat formulir yang indent alias terbatas ato lengka. Yang mau harus buru-buru nanti keabisan. Mas-mas sebelah gue berasa kaya setan bilang "ambil mba, kapan lagi", langsung gue jawab "orang nggak mau, jeh!" Sambil pasang muka asem. Terus ada audience yang tany, "mbak katanya indent, tapi ko ini fotokopian" gue ngakak! Tapi si mab langsung dengan tipu muslihatnya bilang ini itu.

Selesai acara gue langsung minta ijin balik ke si temen. Sebelum gue dirayu sana sini. Dari awal gue udah nggak suka sama bisnis MLM. Entah deh temen gue mikir apa dengan bisnis kaya gini. Dengan iming-iming bonus yang besar, mereka yakin dengan bisnis ini. Ya sah-sah aja sih. Tapi menurut gue caranya nggak berkelas. Dengan "menghasut" orang-orang supaya mau ikutan. Agar jaringann mereka luas. Terus yang paling untung siapa? ya yang ada di atas. Hih. Ini gue jadiin pengalaman, siapa tau nanti gue diajakin beginian lagi bakan langsung gue jawab. NGGAK, MAKASIH!

Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar