Sabtu, 09 November 2013

Reward untuk Sarjana

"Kita sering memberikan hadiah kepada orang lain, namun kadang kita lupa untuk memberikan hadiah pada diri kita sendiri atas pencapaian hidup yang telah kita lakukan" - Rizky Purnama
Kalimat di atas muncul ketika aku mengerjakan skripsi. Ketika mengerjakan skripsi banyak sekali hal yang ingin aku lakukan, dan aku beli. Namun kupikir sekali, dua kali, dan berkali-kali. Ah, nanti dulu. Banyak yang harus dikeluarkan dalam skripsi, maksudnya tenaga, waktu dan biaya. Harus Fokus. Akhirnya aku memutuskan nanti setelah skripsiku selesai, dan setelah dinyatakan sah sebagai sarjana aku akan menghadiahi diriku dengan apa yang ingin aku beli ketika skripsi. Dan ini lah hadiah dariku kepada diriku sendiri karena telah menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu :) 

1. Buku Rantau 1 Muara (A. Fuadi)

Sekitar tiga atau empat bulan yang lalu, buku ini terbit. Aku yang sudah menunggu buku ini sangat excited untuk memilikinya. Buku ini adalah buku ke-3 dari Trilogi Negeri 5 Menara. Buku ke-1 dan 2, Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna sudah aku miliki. Tadinya mau langsung beli. Tapi apa daya, karena harganya yang nggak murah, dan waktu itu uang dan waktuku lagi kejer-kejeran dengan skripsi, akhirnya aku berjanji dengan diri sendiri "Pokoknya kalo udah selesai harus beli". Setelah ketuk palu aku menjadi sarjana, setelah menyelesaikan urusan yang ada di kampus, akhirnya aku pergi ke toko buku besar di kotaku, dan membeli buku ini. Senang? Tak terkira. Ah, bagaikan anak kecil yang diberi permen. Aku langsung membaca buku ini. Hanya dalam sehari aku mengkhatamkan buku setebal 395 halaman. Bukunya sangat cocok untukku yang baru lulus dan bingung mau kemana. Membacanya bagai disuntik semangat. Ah, happy! Alhamdulillah.


2. KarenaPuisiItuIndah (Tia Setiawati)

Jika ada yang bertanya "kenapa jadi suka dengan puisi?" Jawabannya adalah karena membaca tumblr karenapuisiituindah.tumblr.com Secara tak sengaja aku memfollow tumblr milik Kak Tia tersebut. Kata-kata puisinya menyenangkan, sungguh. Mudah untuk dipahami, dan aku senang membacanya. Percaya atau tidak, jika sudah mulai suntuk dengan skripsiku, aku langsung membuka tumblrnya. Tumblr itu berhasil membuatku senyum setelah jenuh seharian bargulat dengan skripsi. Dari tumblr itu juga aku tahu kalau kak Tia sudah memiliki buku kumpulan puisi yang berjudul KarenaPuisiItuIndah. Bukunya terbit sejak 2012, namun aku baru tahu sekitar pertengahan 2013, saat sedang mengerjakan skripsi. Banyak yang berkomentar bahwa susah sekali menemukan bukunya. Kak Tia bilang dia masih memiliki 5 eksemplar lagi dirumahnya, jika ingin membeli silahkan untuk berkirim email. Aku takut kehabisan. Tanpa pikir panjang aku langsung mengirim email pada kak Tia. Dia merespons sangat baik, dan Alhamdulillahnya buku KPII tak terlalu mahal. Akhirnya aku membeli buku KPII lewat Kak Tia dengan permintaan dikirimnya bulan November, dan inilah balasan dari kak Tia.



Ah, romantis bukan balasan emailnya; *lebay*. Selepas sidang aku langsung kirim email kepada kak Tia. Dan kemarin hari Kamis, 7 November 2013. Buku KPPI sampai kerumahku. Senang bukan main, apalagi tertulis kata-kata di halaman depannya khusus buatku.

"Dear Rizky Purnama,
Selamat atas salah satu pencapaian besar dalam hidupmu.
Benar kan, memang tidak ada perjuangan yang sia-sia.
Melangkahlah dengan lebih maju.
Love,
Tia Setiawati P."

membaca halaman depannya membuatku terharu. Ya, ini rewardku sebagai sarjana. Hadiah dariku untuk diriku. Orang lain pun ikut mengapresiasinya. Alhamdulillah. Happy :)


Ini adalah dua reward yang aku berikan kepada diriku sendiri. Sebenarnya masih banyak lagi yang aku ingin berikan, namun apa daya karena keterbatasan hanya dua ini yang dapat kuberikan. Tapi tak apa. Ah, dua saja sudah membuatku tersenyum sepanjang hari. Dua saja dapat membuat aku lebih berwarna. Dua saja membuat aku sadar akan pentingnya menghadiahi diri sendiri ;)
Alhamdulillahirabbil 'alamiin.

Love,
Kiky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar