Minggu, 17 November 2013

snow eclairs a la Kikay


Hola! Siang ini gue iseng-iseng bikin eclairs. Mau ngemil, gak ada cemilan. Liat resep dari tabloid langganan mama, ada resep eclairs, hmmm. Keliatannya sih enak dan ternyata bahannya gak susah alias ada semua di rumah. Dan akhirnya gue coba-coba. And this is it, kikays kitchen present "snow eclairs"

ingredients:
250 ml air
125 gr margarin 
1 sdt gula pasir
250 gr terigu
3 butir telur

fyi: karena gue ga punya gelas ukur, akhirnya gue make ukuran kira-kira gue. Jadi 250 ml air sekitar 1 gelas belimbing tambah dikit. Ohya gue juga makenya mentega, bukan margarin. Terus bergubung telur dirumah cuma ada 2 biji, ya akhirnya gue pake 2 biji aja hehe *gak modal* ya namanya juga eksperimen, ya suka-suka gue. After the ingredients complete, then I prepare to make eclairs. Here we go~

How to make:

  1. Masak air, gula, mentega sampai mendidih. (gue agak kaget liat mentega sama air yang ngga nyatu,tunggu, tunggu, tunggu akhirnya mendidih)
  2. Masukkan terigu, aduk cepat-cepat hingga matang. (emang bener-bener harus diaduk cepet-cepet, soalnya kalo ngga terigunya bakal ngegumpal di cairan mentega tadi, akhirnya gue ngaduk nya gak di kompor tapi dibawah, karena kalo di kompor, panas cyiiiin. Masukin terigunya, terus-terus, sampe adonannya kalis, gue gak masukin terigu semuanya, soalnya adonan gue udah mayan kalis. Nah kata tabloid adonannya harus matang dan kalis biar nanti ngga bantat pas di oven, kalis sih udah, mateng? ya gue ngga tau. Akhirnya daripada gak mateng, adonannya gue taro di kompor, eh tapi malah berkerak gitu, dari pada gosong gue angkat ajadeh. Insya Allah udah mateng ko)
  3. Tunggu adonan sampe dingin, baru masukin telur satu per satu. (lumayan lama tunggu dinginnya, ya sekitar 30 menit)
  4. Masukin adonan ke plastik segitiga, yang udah dikasih spuit.
  5. Semprotkan adonan memanjang, melingkar, sesuka hati anda :p
  6. Panggang di oven sampai matang. (apimya jangan kegedean soalnya nanti eclairsnya udah gosong tapi belum mateng)
  7. Kasih toping suka-suka (lagi-lagi karena dirumah adanya cuma gula pasir ya gue akhirnya kasih eclairs dengan gula pasir yang di blender a.k.a gula halus)
1
2
6
5

3
4

And this is it, snow eclairs a la Kikay

ini udah ditambahin topping
setelah dicobain rasanya kaya kue sus gitu, dan yang paling penting mama bilang enyaaaak! yeay ;))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar