Minggu, 08 April 2012

Holiday with my classmates! Third-year college!

Dari jaman kapan kelas gue selalu ngerencanain jalan-jalan, tapi gak ada yang pernah berhasil. Dari mulai ke dufan, pangandaran gagal semua. Bikin tabungan buat jalan-jalan pun ngga ada hasilnya. Sebenernya ini bukan berarti kita ngga pernah jalan-jalan, pernah ko! tapi yah cuma sekitar cirebon aja, dan itu pun gak full sekelas, palingan banyak-banyaknya yaa vuma 20 orang. Pada banyak banget alesannya. Sampe males kadang buat ngebujuk.
Akhirnya pas perwalian kemaren, Sandi sama temen-temen yang lain inisiatif ngajakin anak-anak buat jalan sekelas. Gara-garanya anak kelas A sama B abis UAS kemaren jalan-jalan ke Bandung. Heboh lah kita, ko ujug-ujug mereka jalan-jalan gitu, padahal gada koar-koarnya -_-. Dan yang dikagetin, mereka ke bandung cukup bayar Rp. 140.000 O.o Setau gue itu biaya paling murah buat ke Bandung, gue aja waktu SMA sekitar tahun 2009 ke Bandung bayarnya Rp. 210.000. Di perwalian anak-anak ditanyain mau pergi kemana? Gue sih ngebet banget pengen ke Jogja, banyak sih yang pengen ke jogja juga, tapi kalah karena yang pengen ke Bandung lebih banyak, pffft bosen bandung deui bandung deui. Pilihannya mau ke tangkuban perahu atau ke ciwidey, dan mereka sepakat ciwidey. FIXED
Sandi Retno gue sama yang lain langsung nyari travel agent yang murah dan mau ngangkut kita yang cuma 28 orang, dan ternyata banyak banget travel agent yang murah loooh. Dan anehnya kita nelpon satu travel agent, yang ngedatengin sampe lima, gatau itu dapet berita darimana. Akhrinya kita nemuin travel agent namanya Selera Wisata, ke bandung cukup bayar Rp. 180.000 dengan rute ke ciwalini, situ patenggang, kawah putih, alun-alun, dapet makan 2x daaaaan 25 orang free 2, recomended lah pokonya kecuali tour guide nya, lelet abis!
Setelah merencanakan ini itu hingga fix, ada lagi masalah. Trenyata gak semua anak bisa ikut.Alesannya beragam. Beda pemikiran. Bagi gue, hal-hal langka kayak gini tuh harusnya gue rasain. Ini mungkin cuma terjadi sekali dalam empat tahun kita kuliah. Masa iya, empat tahun kita kuliah sama temen-temen yang sama tapi kurang ada cerita menarik barengnya, itu pemikiran gue. Pemikiran yang lain beda. Masalah biaya jadi nomer satu. Emang sih, kita jalan-jalan disaat harus bayaran sks. Makanya pada berat buat minta ke ortu, bayaran aja susah apalagi mikirin buat jalan-jalan. Gue aja harus ngebobol tabungan gue buat pergi, masa yah bilang ke mama "mah kiky mau ke bandung" eh terus mama bilangnya gini "terus kenapa?" pliiis deh, dan buat mintanya juga malu gue, apa-apa nyusahin. Alhasil tabungan gue pun jadi korban.
Balik ke temen-temen gue. Gue mikirin gimana caranya biar mereka semua ngikut. Kita mulai ngebujuk anak-anak yang sekiranya bisa ikut. Sehari, dua hari seminggu. Akhirnya anak-anak udah pada setuju ikut. Dan masalah lagi ketika ada beberapa temen gue yang emang pengen ikut tapi ngga ada biaya, akhirnya kita patungan lagiu untuk nutupin semuanya. daaan Alhamdulillah, 27 orang bisa ikut semua, walo ada satu orang yang udah dibujuk segala macem keukeuh gamau ikutan. Kita fix berangkaaaaaaaat :)
Sesuai jadwal tanggal 26 Maret 2012, ato senin malem jam 10 kita kumpul di kosan jamal, yang diarah plumbon sama palimanan kumpul di jalan. Gue yang nebeng sama tuba dari jam8 udah berangkat. Nunggu bus yang lama akhirnya gue ke indomart dulu buat beli oreo. Di kosan jamal yang tampak horor kita nunggu bus. Dan akhirnya bus metropolitan ukuran 3/4 dateng. Oke fasilitas pertama kece, tour guide nya kan cewe masi muda, yaaa lumayan lah walopun diem aja. Berangkaaat, bismillah! Perjalanan sehari Kelas D dimulai :))
Gatau gue emang kebo apa ngantuk apa gimana ya gue perjalanan bobo aja hehe padahal sebelah gue fitri ngoceeeh aja, gue bangun kalo pengen pipis aja. Digangguin dadan sama oman gue tetep bobo *kebo*. Bangun-bangun gue udah di bandung, mau tauy ada di jalan apaan gak kelihatan, gak pake kacamata! euh. Dan akhirnya jam 02.00 pagi bus dateng di rumah makan daerah cipacing (baru denger gue namanya), bingung kan tuh mau ngapain jam 2 pagi sampe. Nunggu lamaaa gara-gara si satpam rumah makan yang mau bukain pintu ketiduran. Ternyata kita disuruh bobo bobo dulu dooong! semacem penginapan yang satu kamer ada 10 kasur, kamer mandi sama kaya ruang tamu gitu kita disuruh tidur. kata mba-mbanya jam 5 kita bangun. okee lah, anak cowo yang tadinya disuruh sekamer bareng pada gamau, mereka akhirnya di ruang tamu yang cuma beralaskan karpet aja. Cowo di kamer tuh cuma sandi oman amir, dan mereka ngorok! OMG. berisik
Bangun bobo, subuh kamer mandi penuuuh banget. ternyata banyak rombongan tour lainnya. Gue yang males antri jadi ogah-ogahan mandinya. sampe akhirnya gue nemu kamer mandi kosong. Selesai mandi, kita nungguin makan dan dimulai lah ke bete an kita sama mba-mba tour guide nya. Kita mau makan tapi malah mba-mbanya ngga ada. cukup lama nungguin, sampe akhirnya jam 7 kita baru makan. Pas lagi nunggu mau makan, kita ke depan rumah makannya dan itu udah kaya pasaaaar. banyak banget tukang jualan souvenir dsb.
THIS! KELUARGA BESAR KELAS D
Abis makan, kita langsung cuuus ke ciwidey. mba-mbanya bilang rutenya ke ciwalini, situ patenggang, kawah putih. Perjalanan yang cukup jauh diiringi dengan lagu cherrybelle halaaaah :) Dijalan ada yang PDKT, ada yang bobo, ada yang muntah, ada yang main poker dan masih banyak lagi. it so fun!
Sampe ciwalini, itu kaya semacem pemandian air panas. bentuknya kolam renang tapi anget. Sangkanurip lah kalo di cirebonnya mah. Anak cowo yang gila air pun ga mikir panjang langsung terjun bebas ke kolam. Kita-kita yang cewe, bingung mau apaaaa coba. Brenang ya males. Mau main-main atv, trampolin, sepeda tapi ko ya ngga buka. Disana sepii banget. Akhirnya kita jalan-jalan sekililing, yang pemandangannya lumayan. di sekeliling ada hamparan kebun teh, dan dingin! Alhasil kita cuma foto-foto aja disana sambil nungguin anak cowo pada renang.
foto di ciwalini liat deh view nya, cool!
Walopun sepi banyak banget tukang strawberry yang lalu lalang. Gue yang ngga ada niatan buat beli stroberi ya gak tertarik. Awalnya mereka menjajakan stroberi dengan harga 10rb/kotak besar, lama kelamaan jadi turun, turun sampe akhirnya 10rb/2kotak besar malahan fitri dapet 10rb dapet 2 kotak besar+1kotak kecil! waaw banget kaaan. Akhirnya gue beli juga, inget ade sama bila dirumah :')
Udah mulai bosen, kita mulai ngerengek ke mba-mba tour guide buat pindah lokasi. Anak-anak cowo udah selese, kita pun langsung cuuus ke situ patenggang, sekitar 10menit kita sampe situ patenggang. Gue yang udah pernah kesna asa gak terlalu tertarik sama tempatnya. Situ patenggang, batu cinta halaaah kalo mah putus [utus aja, itu yang gue bilang ke temen gue! hahahah. Disana kita ditawarin buat naik perahu ke batu cinta, sebagian tertarik sebagian engga. Akhirnya, setelah tawar-tawaran harga anak-anak pada naik perahu kesana kecuali gue, fitri, susi, retno, renti, tuba. kita tunggu di dermaga. Kita yang ngga ikutan naik berasumsi kalo orang-orang yang naik tuh anak-anak yang ngebet nikah sama pacarnya! hahaha. kan katanya kalo nulis di batu cinta katanya jodoh, katanyaaaaaa.Sekitar sejam nunggu temen temen yang lain. Disana gue ngga foto-foto, udah mulai gimanaaa gitu. Masuk angin gue disana, mual liatin air banyak kaya gitu. Pas temen-temen udah pada dateng kita makan siang. Mulailah gue ngga enak badan, makan juga udah mulai gak napsu. Selesai makan, kita langsung cuuuus ke kawah puti. Ini sebenernya tujuan utama anak-anak.
Kwah putih, ini kali ketiga gue kesana, kurang bosen apa coba. Kawah putih tuh udah kaya kota Forks di Twilight, seriiing banget ujan dan dingin. Pas gue kesana udah mendung. Gue yang sok-sokan dari crb gak bawa jaket, akhirnya pinjem jaket ke amir, dan amir pake pashmina gue apa banget kan -_- Sampe sana, langsung naik mobil buat naik keatas, udah mulai gerimis dan dingin. Sampe atas, anak-anak pada solat. Gue kesana duluan, dan baru sebentar ke pusat kawah, breeeeek. ujan cukup gede. Dan lo tau dinginnya kaya apa? itu supeeeeer banget. Gue aja sampe dieeem aja gak bergerak di gazebo. Pas ujan udah mulai reda, gue ke kawahnya lagi. Anak-anak yang lain udah pada nyebar nggatau kemana.
ini gede gara-gara jaket ko, gue kan imut :p
Di kawah tiba-tiba idung gue meler, tenggorokan ngga enak. Yaaah gue fikir mah wajar aja namanya juga lagi di kawah efeknya gitu kali. Pas lagi foto-foto, kita-kita disusulin Harun, dia bilang "teteh kedinginan" pikir gue, gue juga kedinginan kaleeee. Eh pas lagi jalan tuba triak "cepetan woooooy, teteh pingsan" langsung kita pada heboooh. Langsung buru-buru, gue sama yang lain  langsung naik mobil buat turun kebawah. Nah, pas di mobil gue diceritain kejadian yang dramatis sekaligus romantis, sayang gue bukan saksi mata :(
Jadi katanya teteh tuh udah mulai kedinginan karena cuaca kawah putih yang labil banget, dan emang fisik teteh kan lemah. Terus ceritanya teteh mulai ngedregdeg, daaan gak bisa gerakin badannya dan loo tau apa zaenal (cowo yang suka sama teteh) langsung memberi pertolongan pertama pada teteh, zenal langsung ngasiin jaketnya terus meluk teteh bawa teteh ke mobiul, disitu temen-temen boybandnya kan pada cengin, tapi zenal bener-bener ngerawat teteh, ngelindungin gitu. aaaaaaaa so sweeeet! Tapi sayang, teteh udah punya pacar terus uda rencana mau nikah, tapi yaaa orang jodoh siapa yang tau sih. Inget aja waktu itu gue sama yang lain mau tanya zaenal ikut ngga jalan-jalan, gue telponin dia berpuluh puluh kali ngga ada yang diangkat, besoknya disms teteh sekali langsung dibales, what the!
Sampe bawah gue langsung samperin teteh yang lagi terbaring. Gue juga ngangetin diri sendiri, karena emang dinginnya gak nahan, ujannya juga gak berenti-berenti. Pas teteh uda rada mendingan, kita langsung cuuus buat ke alun-alun. Rasanya badan gue uda ngga karuan, puyeng lemes, sakit tenggorokan. Tapi gue berusaha gak rasa-rasa, abisan gue bete masa iya lagi holiday sakit, pffft.,
Perjalanan dari ciwidey ke kota itu masya Allah jauhnyaaa bikin jenuh. Udah mana sore yang orang-orang baru pada balik ngantor, macet. Terus lewat cibaduyut ko ya berasa panjang amaaaat, udah ujan juga. errrr. Udah badan gue ngga enak.sabar sabar. Setelah dua jam perjalanan akhirnya sampe di alun-alun kota bandung. Kata mba-mba toyr guide nya jam8 kita kumpul lagi. Pikir gue ko ya cepet amat jalan-jalan cuma 2 jam. Turun dari bus udah ngga enak, uda mana kata linda muka gue kaya orang ditonjokin. Jalaaan sama fitri linda nining, masuk dari satu toko ke toko lain, ke kings dapet apa yang gue pengenin, muterin nganterin fitri yang keukeuh nyari sepatu tapi ujung-ujungnya ngga dapet apa-apa gue cuma ngikutin aja. Udah mana mau ngambil atm gada yang nganterin, terus juga satpam bank nya masa iya gue disuruh ngambil atm di yang drive thru, untung aja ngga ada mobil yang lewat. Udah ngga enak banget badannya.Ditawarin eskrim segala macem gue ngga mau. Pas yang lain lagi pada heboh milih baju bandung, gue cuma duduk aja, ah apa banget! bete gue, masa iya sakit. Sampe pas udah ngga kuat lagi gue minta dianterin ke bus aja. Taunya ada susi retno dkk lagi di tukang baso, Gue ditinggalin fitri yang masih belum puas nyari sepatu di tukang baso. Pesen teh manis buat ngangetin badan, terus dikasih obat sama wiwin, ditawari baso tapi gue ngga kepengen, alhasil gue makan oreo aja buat minum obat. Nunggu mereka makan baso. Gue uda nyiapin duit 2ribu perak buat bayar teh manis, dan pas nining mau bayar baso kata ibu-ibunya "baso 12ribu, teh manis 4ribu" HA? kagetlah kita. Ya mending basonya enak. Kita-kita akhirnya cuma bisa senyum-senyum pait aja. Pelajaran lain kali jangan beli baso dipinggiran alun-alun, nyesek :D
Sampe bus gue langsung tidur, bete sama diri gue sendiri. Kayanya 2/3 jalan-jalan gue diabisisn sama tidur deh :'( sampe gatau ada apa aja yang terjadi di bus, yang katanya zenal ngasih boneka ke teh nita, fitri yang beli kacamata, fitri linda amir harun yang mainan kartu dari berangkat sampe stengah perjalanan. Ahhh. Tapi semuanya gak mengurangi kegembiraan gue yang akhirnya bisa jalan-jalan sama temen kelas gue. Sampe cirebon sekitar jam 2 pagi lagi.
Beda loh rasanya, setelah jalan-jalan ini kelas rasanya semakin kompak dan ada aja hal yang menarik dibicarin pas waktu di bandung! bikin kelas sebelah iri kayaknya heheheh.. Dan rencananya next destination jogja! yaaah mudah-mudahan jadi lagi.

Sangat menyenangkan ketemu temen yang bakal 4 taun kuliah bareng. Gak kerasa uda tingkat tiga aja, bentar lagi ppl, skripsi dan lulus. Banyak pelajaran banget yang bisa gue ambila dari tiap orang di kelas ini. Makasi ya ALLAH ngasih kiky kesempatan jadi bagian di MATEMATIKA D 2009.
kita itu keluarga, gimanapun kita tetep keluarga :)))))
I LOVE YOU ALL :3
Buat:
teteh, dadan, fitri, desi, fahmi, eti, aip, susi, indra, retno, krisna, sandi, amir, wiwin, oman, dewi, evi, siska, linda, nining, tuba, jamal, harun, yuli, renti, viktor dan zaenal
terimakasih udah ngasih pelajaran hidup berharga di masa kuliah
mudah-mudahan kita semua sukses, amin :)