Rabu, 11 April 2012

"surat kecil untuk Tuhan"

Sesuai judulnya, saya mau ceritain apa yang saya dapetin dari sbuah film "surat kecil untuk Tuhan" (true story). Saya merasa mendapat banyak pelajaran dari film ini. recomended!

Hari ini saya nggak ada kuliah, rencana mau menjahit baju ppl pun dipending, karena temen saya mau liat hasinya dulu. Alhasil untuk mengisi waktu luang saya meminjam laptop kaka ipar saya yag kebetulan sedang ada dirumah. Kaka saya merekomendasikan film "Surat Kecil Untuk Tuhan", bagus katanya, dan sedih banget. Saya pernah denger sih film nya, dan ada bukunya juga di Gramed sempet baca sih. Saya penasaran dan saya tonton filmnya. Dari awal saja sudah sedih, dan sampai akhir saya menangis terus menerus. Apalagi kalo diingat ini adalah kisah nyata, aaaaaaaaa sediiiih! Walopun yang main banyak yang gak terkenal, tapi esensi dari filmnya sangaaat dapet!
Di film ini saya belajar bahwa banyak orang yang diuji lebih besar dari saya. Seperti Keke yang sakit kanker jaringan lunak, yang di dunia itu penderitanya bisa dihitung dengan jari, dan di Indonesia dia adalah satu-satunya penderita kanker tersebut. Coba, saya yang diuji segitu aja merasa jadi orang yang paling terpuruk sedunia, giman dengan orang-orang yang kaya keke. Malu sebenernya sama diri saya sendiri. Lemah banget gue! Keke itu tegar, sampe berobat sana sini. Dan salut banget sama ayahnya yang bener-bener tanpa lelah ngebuat keke biar sembuh. Malu, kadang saya ngga sayang dengan badan saya sendir suka cari penyakit, makan gak teratur ato makan sembarangan, padahal di luar sana banyak orang yang nyari kesembuhan. Gak bersyukur banget saya.
Untung banget keke kaya, coba kalo maaf, miskin. Gimana coba, buat makan aja susah gimana buat biaya ngobatin kanker. Keke sempet sembuh beberapa bulan, sampe akhrnya kena lagi, dan membuat dia meninggal.  Sediih banget deh. Beruntung banget keke punya pacar dan sahabat-sahabat yang sayang banget sama dia. Pas rambutnya udah mulai abis gara-gara kanker, sahabat-sahabatnya ngegunting rambut masing-masing biar ngebuat keke ngerasa gak sendirian :'). Keke juga punya pacar yang TOP banget lah, gak malu pacaran sama dia yang udah kena kanker gitu, yang tetep sayang keke apa adanya sampe kek meninggal.
Si pacarnya sempet bilang
 "Kayanya gue bawa sial deh, waktu gue sama keke jadian, keke sakit. Waktu keke mutusin gue dia sembuh, dan waktu kita balikan keke sakit lagi"
dan sahabatnya keke bilang
"ada ato ngga ada lo di hidup keke, keke bakal tetep ngalamin kaya gini, dan yang gue tau elo bikin semangat hidup keke nambah"
Nah, ini yang saya petik hikmahnya. Apapun yang bakal terjadi, Qada Allah itu pasti. Dan yang saya baca di La Tahzan, Qada itu berjalan karena itu yang terbaik buatmu, Yap, terbaik. Sadar ato ngga, walopun kita ngerasa jadi orang yang paling nelagsa di dunia ini, ini adalah yang paling baik buat kita. Siapa sih yang tahu apa yang paling baik buat kita kecuali Allah. Saya tau, untuk menerima ini semua itu susah, seperti yang saya alami sekarang, tapi saya yakin kalo Allah punya rencana lain yang paling baik buat saya dan orang-orang skitar saya. Be positif, be mature.
Seperti yang Allah bilang "Dia ngga akan ngasih ujian di luar kemampuan hamba-Nya". Dia itu sangat tahu loh kemampuan kita, diabnding diri kita sendri. Allah aja yakin kita bisa lewatin semuanya. Kenapa kita ngga? Liat ke orang-orang yang diuji lebih dari kta, biar kita lebih bersyukur dengan ujian kita yang lebih ringan.
Saya pernah liat sinetron "kiamat sudah dekat". Temennya Sarah (Zaskia) tanya ke dia
(kurang lebih percakapannya kaya gini, tanpa megurangi pesannya)
"Kenapa sih hidup gue gak kaya hidup lo, ujian gue ko lebih berat dari lo"
terus Sarah jawab
"Karena Allah tuh tau gue orangnya lemah, pasti ngga akan kuat dikasih ujian kaya lo, lo itu kuat makanya dikasih ujian kaya gitu"
Nah kan udah jelas. Saya tau ko, tau bangeeet, kalo ngomong tu gampang sedangkan ngelakuin beuuuuuh susahnya minta ampun. Tapi berusaha kan ngga ada salahnya :) cukup inget, kita kuat kita kuat kita kuat heheheh
Pasti ada hikmah dibalik semua kejadian.
Kaya si keke, karena hal ini kakanya yang tadinya brutal jadi insaf. dan banyak banget hikmahnya.
sama kaya setiap masalah atau ujian yang kita hadapin pasti ada hikmahnya, kita sadarin atau ngga tapi seringnya mah ngga sadarin yaaaaaah kita terlalu banyak keluh kesah, dan menyalahi keadaan tanpa sadar akan dekat hikmahnya.

Masih banyk pelajaran yang bisa saya ambil, tapi saya harus mengerjakan tugaaas.Jadi mending tonton sendiri aja. hihi.
Keep spirit :) fight for your future

Rizky Purnama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar