Selasa, 17 April 2012

R-I-Z-K-Y P-U-R-N-A-M-A

Hai, saya Rizky Purnama biasa dipanggil K-I-K-Y

kata-kata ini yang biasa saya ucapkan when im introduce myself. Yap, papa dan mama memberi nama saya Rizky Purnama, bagus kan, sangat bagus! yang gak percaya liat deh arti nama saya, pasti takjub. Yang kurang lebih memilki makna, bukan makna sepertinya lebih ke bertepatan dengan peristiwa. Saat saya lahir, papa saya yang seorang pegawai negeri sipil naik pangkat, saya lahir jam 00.15 tanggal 21 desember, dan saat itu bulan sedang bundar purnama. Oleh karena itu saya diberi nama demikian. Akhir-akhir ini baru saya tau, awalnya saya mau diberi nama Purnama Rizkilia oleh orang tua saya, tapi menurut mereka terdengarnya janggal, lalu berubah menjadi Punama Rizky karena kedua kakak saya nama depanya berawalan Pur Purwono dan Purwani, ya tapi sepertinya janggal lagi, akhirnya mereka memberi yang simpel dan mudah yaitu Rizky Purnama. Saya sempat bertanya, kenapa dipanggil kiky. Orang tua saya menjawab "anak kecil kan susah ngomong R, ribet kalo mangil rizky ya dipermudah aja jadinya kiky". Dan sampai sekarang pn kebanyakan orang memanggil saya kiky, walaupun ada juga yang memanggil kipur yang merupakan singkatan nama saya, ada-ada aja :)

Saat SD saya tidak terlalu masalah dengan nama saya. Hanya satu orang yang bernama Rizky yaitu saya. Dan guru-guru pun memangil saya dengan KIKY, sampai suatu saat ada yang siswa pindahan yang bernama sama Rizky, dan dia mengalah dengan dipanggil nama belakangnya, saya menang haha!

SMP, saya mulai merasa kalau nama saya bermasalah. Bukan, bukan karena artinya, sungguh. Saya sangat mengerti bahwa orangtua saya memberi nama saya agar saya terus mendapat rejeki yang melimpah, saya selalu merasa bahwa makna nama saya sangatlah indah. Tapi saya merasa nama saya ko pasaran. Sangat banyak teman saya yang bernama rizky, samapai-sampai dalam satu kelas bisa saja nama yang namanya Rizky ada 3-5orang. Banyak banget kan. Pffft, sampai awal-awal sekolah kalau guru memanggil nama Rizky, kami semua menoleh. Akhirnya kami berinisiatif untuk membuat nama-nama singkat yang berbeda agar tidak tertukar. Dar sini berawal nama kipur. Rata-rata teman saya yang bernama Rizky dipanggil kiky, untuk membedakan, nama kiky di ubah menjadi ki-dan nama belakangnya. Seperti saya Rizky Purnama diberi nama kipur. Saya sih senang-senang saja, karena nama saya akhirnya berbeda dan toh tidak merugikan. SMA pun demikian. Saya ingat ketika sedang booming facebook, teman-teman saya memberi nama facebooknya sesuai dengan nama aslinya, saya pun demikian. Dan saat teman saya mau nge-add facebook saya, saya bilang search aja Rizky Purnama, daaaaan yang muncul banyaaak sekali dan kebanyakan adalah laki-laki. Sempet bete sih, ko nama saya pasaran banget. Apa orang tua lain udah pada kehabisan nama sampai-sampai nama Rizky Purnama banyak banget. Sampai sempat berfikir, apa kaya sepupu-sepupu aja kali ya dikasih nama belakang abah kono, jadi Rizky Purnama Darmawikarta, ah tapi itu nama lelaki banget! Sudahlah, facebook gak terlalu penting, toh sekarang mah kan ada nama profil jadi gak ketuker lagi dong!

Saat kuliah, kelas saya yang terdiri dari 27orang mahasiswa tidak ada satu pun yang bernama Rizky, yes! gak ada yang nyamain :) ya walaupun di kelas lain ada yang namanya Rizky, but no problem, toh ngga sekelas, jarang ketemu wlee. Ketika tatap muka pertama dengan dosen, kita freshman di absen namanya satu-satu, dan ketika giliran nama saya disebut dan saya ngacung si dosen seperti tidak percaya, dan bilang "Ini Rizky Purnama? perempuan?" saya cuma bisa nyengir kuda, dan gak cuma satu dosen yang sperti ini, kebanyakan dosen mengkomplen nama saya yang katanya dianggap seperti nama laki-laki. Tadi, saya iseng searching nama saya di google, dan yang keluar banyak sekali, tapi bukan saya hufft.

Smpet komplen ke mama dan papa kenapa dikasih nama yang banyak orang sudah memakainya, tapi mereka selalu menjawab dengan mengaitkan peristiwa tersebut. Hmm, dan saya selalu sadari, nama saya merupakan doa dari kedua orang tua saya, dan mudah-mudahan saya dapat seperti nama saya, amin. Hal yang membuat saya senang dengan nama saya adalah ketika komplen ke kedua kaka saya, mereka malah bilang "ya mending nama kamu kotaan dikit" hahahah! Yap, my family always fun.

Kalo pepatah bilang, apalah arti sebuah nama, tapi nama juga penting karena nama adalah doa yang diharapkan orang tua kepada kita. Percaya deh, orang tua udah memebrikan nama yang paling baik buat kita, karena orang tua teramat sayang kepada kita :)

dan saya Rizky Purnama sangat bangga dengan nama saya, saking bagusnya sampe banyak orang menggunakannya hihi :)


Regards,

Rizky Purnama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar