Jumat, 13 Maret 2015

Cerita 14 – Perkalian

Aku penasaran bagaimana kemampuan matematis siswa disini. Jadwal pelajaran sudah aku dapatkan, hari ini aku akan mengajar. Kelas X dan XI, kurikulum 2013. Aku siap mengajar. Tapi sebelumnya aku ingin bertanya kepada mereka, materi apa saja yang mereka sudah pelajari.

Di Kelas XI
“Waktu kelas X, Kalian belajar Bab apa saja?”
Ekspektasi : Mereka akan menyebutkan semua materi di kelas X.
Realita : Mereka hanya menyebutkan dua bab pertama. Lalu mereka bilang “Pak yang mengajar guru SMK, jadi jarang mengajar. Pak juga jahat ibu, kami belajar takut-takut.”

Di Kelas X
“Waktu SMP, masih ingat tidak kalian belajar matematikanya tentang apa saja?”
Ekspektasi : Mereka akan berebut menjawab pertanyaanku. Saling menjawab tentang materi apa saja yang telah mereka pelajari. Menceritakan pengalaman pembelajaran matematikanya.
Realita : Kebanyakan mereka diam. Hanya sebagian berkata “kotong sonde belajar matematika ibu.”
Kecamatan Amfoang Barat Laut ini, ada 4 SMP di desa Saukibe, desa Leonai, desa Honuk dan desa Soliu. Dan ternyata dari keempat sekolah, tidak ada guru matematikanya. Memang, kenyataannya mereka tidak belajar matematika. Malah ada yang bilang, selama di SMP diajar matematika oleh guru yang bukan guru matematika, alhasil belajarnya pun ngaco. Ada juga yang bilang kalau selama SMP hanya belajar perkalian saja. Astaga.

Tapi, pembelajaran harus tetap berjalan, kan? Eksponen dan Logaritma. Bab 1 dalam materi matematika kelas X.

“Kalian tahu lima pangkat empat berapa?”
“Dua puluuuuuh.” Mereka menjawab. Ada yang diam, dan ada beberapa yang benar. Aku pun menjelaskan secara pelan-pelan. Aku perhatikan, bukan hanya perpangkatan yang mereka kurang pahami, tapi perkalian. Banyak diantara mereka yang belum paham tentang perkalian. Kaget. Masa iya aku harus mengajarkan perkalian pada anak SMA yang seharusnya mulai belajar integral dan turunan? Tapi ya ini mereka. Mereka belajar dengan semua keterbatasan yang ada. Yang penting mereka semangat belajar.


Aku memulai pembelajaran kelas X ini dengan mengingatkan mereka lagi dengan perkalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar