Selasa, 29 Mei 2012

Berkalana Jekarda with @masayuannicha


Sekitar bulan April, icha sms gue ngajakin ikut seminar di Jakarta. Awalnya mah biasa aja, pas icha bilang ada BJ Habibie, Jusuf Kalla, Arief Rahman, Ary Ginanjar, Pandji, Sandiaga Uno, Dik Doank, dan banyak orang-orang keren lainnya, gue mulai tertarik. Apalagi seminarnya di Istora Senayan, wah kaya konser pikir gue, udah gitu tiketnya pun dikelas-kelasin. Tribun Rp. 65.000, VIP Rp. 80.000, VVIP Rp. 100.000, wah gila buat orang-orang sekaliber mereka tiket segitu mah murah, tanpa pikir panjang gue pun langsung ngeiyain ajakan icha. Padahal saat itu gue lagi krisis moneter, udah gitu masa iya gue ka Jakarta sendirian? Ah, bodo amat yang penting bisa liat Habibie, rejeki mah ntar darimana aja.
Sebelum bilang ke mama, gue bilang ke yayu dulu. Yaa seperti biasa, selama positif yayu selalu dukung gue J tiba giliran dimana gue harus bilang ke mama, jengjengjeng. “Mah, minggu depan kiky mau ke Jakarta, tiga hari doang ko, mau liat Habibie”  Mama ngeiyain, karena mama taunya kalo acara keluar kota pasti dari kampus, dan masalah pun tiba malam hari sebelum keberangkatan, mama Tanya nginep dimana, berangkat sama siapa. Terus gue bilang berangkat sendiri, nginep di Icha, mulailah mama panic. Alesan pertama, mama sebel dikira acara itru dari kampus, kedua gue perempuan dan belum pernah ke Jakarta sendirian. Tapi gue berusaha tenangin mama, “tenang  aja mah, kiky tuh uda gede, ntar dijemput sama icha ko” akhirnya dengan berat hati mama boleh, yaiyalah kalo ga dibolehin gue bilang uda beli tiketnya, hehe, taktik abis!
Pagi hari tanggal 23 Mei, gue rencananya naik kereta jam 7.40, fyi gue itu sama sekali gak paham naik kereta sendiri, beli tiket dimana, naik darimana pun gue gak ngerti, norak lah pokonya. Nah untungnya gue dianterin sama om gesang, suaminya bindah yang udah biasa naik kereta, sampe gue duduk manis di kereta om baru pulang, kebayang kalo sendirian berasa kaya orang ilang deh kayanya. Hihi, Jakarta I’m coming! Ini kali pertama gue naik kereta sendirian, sendirian woooooy!!! Keren kaaaan J Bismillah, kereta pun berangkat, pelan tapi pasti. Gue dari mulai baca buku sampai tidur lalu bangun lagi, dan membayangkan hal-hal yang hahahah. Jam 11 pas, gue sampe gambir, Icha bilang dia ada di bawah pintu selatan, hmm bingung dimana pula pintu selatan tuh. Gue cari dan turun, disitu gue ketemu icha, senyeeeeeeng! Yes, gak akan nyasar. Ketemu icha gue langsung bilang “Gue berani kan ke Jakarta sendirian” Icha Cuma senyum-senyum aja, soalnya dia lagi sakit. Terharu, lagi sakit bela-belain jemput gue, tapi yaiyalah kalo ga dijemput bisa nangis di gambir gue. Ketemu icha langsung gue telepon mama, mama bilang ati-ati, oke sip mama sayang.
Icha langsung nyari taksi, soalnya kalo naik busway lumayan jauh jalannya, hmm nurut aja. Di dalem taksi, Icha brasa kaya tour guide, ngasi tau gedung ini itu -_-. Sampe lah di setiabudi, ada kampus icha, UNJ PGSD. Terus kita jalan ke kosan icha, icha bilang kosannya itu di perkampungan di tengah perkotaan, ya emang si kanan kiri gedung bertingkat tinggii, tapi gue jalan di gang sempit yang rumahnya juga dempet-dempetan. Gue berusaha ngapalin jalan ke kosannya icha, tapi gak apaaaaal, ribet. Akhirnya sampe ke kosan ichaaa, istrirahat. Bobo boboan, ada temen-temennya icha. Ada cindi, firsia, dita. Rame banget deh mereka. Sorenya gue diajak icha ke kampusnya, soalnya dia ada kuliah. Kita makan disana, tadinya gue diajak ikutan kuliah, tapi dosennya apal mahasiswa, kebayang kalo gue ikutan kuliah ntar ditanya-tanya  gimana. Tadinya gue disuruh icha balik sendirian, tapi untung ada dini, temen sekosan icha yang pengen balik, jadi gue selamet ga balik sendirian hehehe. Nungguin icha kuliah gue nonton tv di kamer, jam lima icha sms gue disuruh ke kampus. Antara takut nyasar, tapi gimana ya, akhirnya gue jalan ke kampus icha, nyata kan! Gue salah belok, ppffftt. Untungnya gue cepet sadar, dan langsung balik lagi, dan akhirnya sampai kampus icha dengan selamat sentausa. Gue sama Icha lanjut ke apotek setiabudi, icha berobat. Dan dokternya, hmmmm. Gokil. Hhahah, abis itu kita nyari makan, dan balik ke kosan, makan dan tidur.
Tanggal 24 mei, subuh gue sama icha udah bangun tapi masih guling-gulingan di kasur. Pas nyawa udah kumpul, baru mandi, dan siap-siap buat seminar. Seminarnya itu jam delapan. Gue sama icha jalan buat sampe ke shelter busway, sebelumnya kita makan bubur ayam dulu di pinggiran jalan. Yang lucu tuh, icha jalannya cepet bangeet, uda mana kalo nyebrang horooor, main tarik-tarik gue sampe setengah lari. Tapi icha selalu bilang “ya emang gini hidup di Jakarta mah ky”. Berat, pikir gue, di Cirebon gue gak biasa jalan, kemana-mana pake motor, terus, kalo mau nyebrang pun santai aja. Pas makan gue ngobrol-ngobrol sama icha, terus icha bilang di jalanan ini (setiabudi raya) kalo siang penuh sma motor-motor parkir, pantes macet pikir gue. Udah jadi kebiasaan gue liat langit, dan isinya kabut hitam, bukan kabut yang indah loh yang biasa gue liat, kabut-kabut polusi kendaraan bermotor. Seriously, Jakarta itu indah, banget. Tapi rusak karena mereka, orang tak bertanggung jawab, yang perlahan tapi pasti, sadar maupun ngga sadar membuat rusak kota ini.
Selesai makan, gue langsung ke shelter busway, daaaan buat ke sebrang aja gue harus muter-muter, huhuhuh, udah mana gue salah bawa sepatu, lecet semua kaki gue -_-. Ini Jakarta, mau nyebrang aja kudu lewat jembatan penyebrangan yang muter-muter, terus icha bilang “ya sok aja nyebrang disono, mau lo ketabrak?” bener juga si, itu mobil sama motor jalannya pada wuuuuz wuuuz banget. Orang Jakarta tuh terlalu menghargai waktu, sampe naik mobil motor kencang banget, naik busway pada berebut, jalan kaki pada cepet-cepet banget kaya mau nagih utang, sampe kendaraan juga gak ada yang mau kalah pada berebut dijalanan kaya bakal gak kebagian jalan aja, makanya macet dimana-mana.
Sampe senayan, keren! Mulai norak hehe. Ngelewatin lapangan softball, aaa mau main deh rasanya disana, ato ngga liat pertandingannya. Terus gue masuk ke kawasan apa ya namanya lupa, dan icha nunjukin GBK, Gelora Bung Karno, dari luar aja keliatan megahnya, apalagi di dalemnya, nah sebelahnya itu Istora senayan, tempat gue seminar. Jam delapan sampe, tapi kami dibikin ribet sama panitia yang gak jelas, eh tapi sebenernya kita gatau mana panitia sama yang bukan. Dari mulai ke gejean tempat registrasi, kebingungan harus masuk lewat pintu yang mana, harus duduk dimana, dan yang ngebetein adalah ngaretnya kebangetan. Gimana ngga, katanya peserta jam delapan kudu regis, seminar mulai jam Sembilan, eh taunya mulainya jam sebelaaaaas. Edan ga tuh, padahal ini seminar nasional, yang harusnya panitianya lebih paham dong. Jam sebelas, gue sama icha udah duduk manis di tempat regular, pokonya lurus sama panggung biar bisa liat Habibie dengan jelas, keselnya Habibie bukan yeng pertama tampil, tapi kekeselan gue lumer karena ada pandji. Dia yang ngemsiii, aaaaa *histeris* sumpah kocak lah tu orang. Gue, icha dan yang lain gak berenti ketawa. Terus masuk ke pemateri-pemateri yang pertama Ari Ginanjar, gue sama icha udah ngebayangin “ah pasti ntar nangis-nangisan kaya ESQ” ehhh taunya salah, dia ngasi wejangan yang intinya “kalo mau seorang menjadi baik, ajarkanlah dia untuk menjadi baik, bukan untuk menjadi pintar” yap betul banget, ga mungkin kita nanem semangka terus munculnya kelapa kan, jadi sebagai guru didiklah anak untuk menjadi baik. Ari Ginanjar Cuma bentar ngasi materi, ya sekitar setengah jam doang si. Terus dilanjutin sama orang, yang katanya mah motivator, tapi anehnya motivator ko ya sombong amat si ih, malesin, udah mana ya lama banget, intinya mah dia promosi buku dia gitu, terus terakhir dia minta di follow twitternya, gubrak! Abis motivator geje itu, kita diistirahatkan untuk solat dan makan. Gue sama icha terus langsung cari musola buat solat, eh pas ketemu musolanya penuh banget, mau solat aja pake ngantri panjang banget. Selesai solat, kita langsung cari panitia buat nuker tiket sama makanan, eh tapi ya masa panitianya bilang “makanannya belum ready, nanti d isms kalo udah ada” gokil gak coba, baru tau gue ada seminar yang makanannya kurang, dan peserta harus nunggu buat makan. Nilai minus lagi buat panitia.
Dengan perut kosong, gue masuk lagi ke tempat seminar, dan pemateri selanjutnya adalah Prof. Dr. Arief Rahman, prokprokprok. Pasti banyak yang ga tau kan? Gue juga taunya baru-baru ini si, tepatnya pas anaknya SBY nikahan, nah dia tuh yang ngasi nasihat pernikahannya, gue kan Tanya ke mama siapa tuh, ko ngomongnya enakan banget, mama bilang itu tuh Arif Rahman pakar pendidikan. Waktu jamannya mama sekolah, dia tu yang ngajar bahasa Inggris di TVRI. Setelah itu, gue sering ngeliat dia di tv, sebagai orang yang paham pendidikan. Dan emang bener, pas dia ngasi materi, sungguh guru banget lah. Dia uda tua, tapi semangatnya ngalahin gue yang masi muda. Dia adalah sosok guru sejati bagi gue, dan cocok banget sebagai panutan. Banyak hal yang dia sampaikan, dengan penyampaian yang asik dan ngena, bikin gue seneng bisa ada di bagian seminar itu, intinya guru yang baik adalah guru yang dapat mebuat suasana belajar yang nyaman. Terus dia menggalakan 10 S, pake gerakan yang lucu banget. Senyum, salam, sapa, semangat, sugih, sehat, sukses, 3s lainnya lupa. Nyenengin banget, dia juga ekspresif banget, terus dia bilang juga, harus bangga jadi guru, harus bangga kuliah di pendidikan. Gue yang tadinya ogah-ogahan buat jadi guru, jadi bersemangat untuk jadi seorang guru, guru matematika yang asik dan kece. Hehehe, tapi Pa Arif juga bentar banget ngasi materinya.
Selesai pak arif, diisi lagi sama dua orang yang katanya mah duta mahasiswa berkarakter, yaa gue ga kenal-kenal amat. Abis itu, kita disuguhin penampilan dik doank dan kandank jurank doank, satu kata KEREEEEEEEEEN! Penampilan yang asik, lagu-lagu yang oke, bikin semangat lagi, dan dik doank yang kata-katanya nyangkut di hati, dia ngasih motivasi, tapi kaya ngga ngash motivasi, dan dia ngritik pun seperti ngga ngritik, pembawaannya keren banget pokonya. Dia bilang dia Cuma mau keadilan, kalo misalnya matematika dalam satu minggu tiga jam pelajaran, agama dan kesenian pun harus tiga jam, jadi seimbang porsinya. Biar anak yang pinter matematika akhlakya juga baik. Betul sekali, kurikulum sekolah kadang memenjarakan potensi anak, terus ada hal lagi, gini kata-katanya “kalau anak-anak diajari dari kecil tentang keindahan, mereka tidak akan buang sampah sembarangan” malu sama diri gue, brati gue gak ngerti keindahan masi suka buang sampah sembarangan, hehe.
Setelah dik doank tampil, selesailah acara. Hah? Selesai? Habibie MANA???? Yang lainnya mana? Tujuan gue kesini kan biar ketemu Habibie, idola gue, eh tapi Habibie nya malah ngga ada, hikhikhik L Ah tipu abis tuh panitia, sebelum selesai panitia minta maaf gitu, langsung disorakin sama peserta wuuuuuuuuuu. Kecewa sih gak ketemu Habibie, tapi gak ngurangin kesenengan gue ikutan seminar ini, seminar yang ngebuka wawasan gue tentang pendidikan yang lebih baik lagi, dan bikin gue semangat ngejer mimpi gue bikin sekolah, sekolah yang kurikulumnya seimbang, kaya SMA plus Muththahari di Bandung, bismillah, yakin banget pasti ada jalan.
Jam 5an selesai acaranya, gue sama icha langsung keluar istora, eh di kawasan GBK banyak banget orang ya, ternyata baru sadar hari init uh ada pertandingan inter Milan lawan Indonesia, waaaa mau nonton, bukan karena inter milannya sih, Cuma lebih karena pengen ngerasain euphoria nonton bola di GBK, hahaha, banyak orang-orang yang pake atribut inter, terus foto-foto gitu di GBK, dengan pose yang bikin gue sama Icha tertawa, hahaha. Keluar dari kawasan GBK, ngelewatin lagi lapangan softball baseball, banyak yang lagi pada latian, dan ternyata mereka atlet PON, huwaaa keren, siapapun kalo uda pake baju baseball atau softball pake topi, terus megang glove lempar bola, itu terlihat keren, termasuk gue waktu dulu, huahaha.
Rencananya, kita mau ke Blok M buat nonton Broken Heart, tapi icha ngajak gue ke fx, depan senayan. Masuk sana itu keren, kenapa pusat perbelanjaan di bandung dan Jakarta itu menarik? Soalnya mereka kreatif bikin gerai-gerainya sehingga eye catching dan bikin orang tertarik untuk beli ataupun skedar cuci mata, sambil ngiler pengen beli. Gue yang niatan mau beli sepatu gold buat final jakra langsung tertarik pas ada gerai sepatu yang sale up to 70%, Masuk sana, gileeee itu sale nya gede-gedean banget harganya jadi miring padahal merk terkenal (lupa merk nya apa), langsung gue cari yang ada gold-gold nya eh tapi ngga ada, dan si icha udah mulai nyoba-nyoba aja sepatu, dan akhirnya galau, beli pa ngga. Gue yang biasanya icha setanin, bales dendam nyetanin icha, hehehe “beli aja cha, kapan lagi murah kaya gini, kece lagi” dan akhirnyaaaaa icha pun beli huahuahua. Selesai dari gerai sepatu, kita ke tempatnya hijabers namanya MUSE 101, disitu tempatnya para designer hijabers, lucu-lucu bangeeet, warna-warna pastelnya ituuu bikin enak diliat mata, putar puter, tapi gak ada yang kita beli, hahaha. Selesai dari fx, cari busway langsung cus ke Blok M.
Busway gak berenti di depan blok M, karena macet jadi orang-orang turun di terminalnya, gue sama icha pun turun. Gue pikir turun tinggal jalan aja, taunya gue harus ngelewatin kaya semacam pagar pembatas gitu, yang tingginya se paha gue, masya Allah. Tapi bukan gue sama icha aja yang gitu, semua yang turun dari busway kaya gitu. Sampe blok M, naik lift buat ke bioskopnya, keluar dari lift gue bingung si icha langsung lari sambil ketawa, pas gue Tanya taunya ada kakek bawa cangkul, horror banget mana mukanya, huahaha, si kakek lagi promoin filmnya. Abis beli tiket, gue nyari musola, icha bilang di lantai atas, romantic deh musholanya, hmm masa iya musola romantic? Dan bener aja musola bisa dibilang masjid karena gede, ada di lantai atas, namanya upper roof ato apaan ya, yang pokonya kita bisa liat langit di lantai paling atas gitu, romantiiiis banget cocok deh buat orang pacaran, tapi sayang ngga ada bintang. Masjidnya bersih lagi, ga kaya masjid di pusat perbelanjaan biasanya.
Selesai solat, kita langsung masuk teater buat nonton. Film broken heart yang emang gue sama icha pengen banget nonton, icha histeris amat ada reza rahardiannya. Filmnya bagus, asik Dariusnya ganteeeeng banget. Emang filmnya sedih, icha aja sampe sesenggukan nontonnya, tapi bagi gue filmnya tuh jatohnya lucu, icha nangis, gue ketawa aja malahan, hehehe. Selesai nonton, gue pengen nyobain HopHop, biar gak dibilang norak sama icha. Eh taunya rasanya mah sama aja kaya es blender yang bias ague beli di deket rumah, icha berlebihan nih, udah mana gue minum pake tumpah-tumpahan segala lagi, malu-maluin. Lagi jalan ke shelter busway ada orang jualan tas murah banget, kalo di Cirebon tuh harganya du kali lipatnya, mulai icha nyetanin gue, dan akhirnya gue beli tas nya warna biru dongker, yaa seenggaknya gue punya tas yang agak “cewe” an dikit. Naik busway buat sampe ke kosan. Jakarta emang kota yang gak pernah mati, malem-malem tetep masih rame ni kota. Sampe kosan, bener aja prediksi icha, sampe kosan bukannya lngsung mandi ato apaan, malah nyobain barang-barang yang kita beli, hahah, dasar perempuan.  Malem itu gue sama icha gakngantuk, padahal besok rencananya gue balik naik kereta yang jam 11, terus icha mau ngajakin gue ke monas, heheh. Jam satu malam kita baru tidur.
Tanggal 25 Mei, gue sama icha bangun siang-siangan. Mandi juga ogah-ogahan karena masi ngantuk, tapi mau ngga mau harus cepet biar ngga ketinggalan kereta. Selesai packing, mandi, dsb kita langsung berangkat ke monas, yang deket sama gambir. Gue fikir naik busway, taunya kata icha naik metromini. Ini Jakarta, gue sama icha naik metromini kudu pake lari-lari dulu. Icha bilang “ky ntar turunnya pake kaki kiri dulu ya”, ih ini apaan si icha mau turun aja kudu pake kaki kiri, gue Tanya kenapa eh icha malah bilang nurut aja. Metromini masi jalan gue disuruh berdiri sama icha, dan disuruh turun. Gila icha bahaya banget, masa masi jalan disuruh turun, pantes aja disuruh make kaki kiri dulu. Sampe monas temen kuliah gue nelpon, ada tugas yang harus dikumpulin duhur, gila, belom balik lah gue duhur mah. Gue terus sms dosennya bminta dispensasi eh dosennya malah bales “ngga bisa!” ih malesin banget deh, gue jadi males balik, terus bilang ke icha naik kereta nya yang jam satu aja. Jalan ke monas, masuk, naik keatasnya, hahaha. Jam setengah satu gue sama icha langsung ke gambir, mau beli tiket. Taunyaaaa, mau beli tiket ngantriiii banget, parno deh gue, gimana kalo ngga ada yang jam 1. Ternyata, tiket kereta ke Cirebon hari itu, habis semua. Parno lah gue, langsung gue ngubungin Yayu, bilang gimana, yayu bilang pulangnya besok pagi aja, tapi besok paginya gue ada acara. Akhirnya gue mutusin naik bus dari pulogadong, tapi icha bilang dia belom pernah naik bus dari sana, makin panic lah gue. Icha nyaranin, gue naiknya dua kali, jadi dari kosan icha naik bus ke jatibening, terus baru naik bus ke Cirebon, lebih cepet katanya, tapi masalahnya kalo ke jatibening icha gak bisa nganter, jadi gue lebih milih ke pulogadung. Ke shelter busway buat ke pulogadong, tapi kata petugasnya buswaynya selalu penuh, kalo mau nunggu lumayan lama, itu udah jam stengah tiga, sedangkan icha jam setengah empat mau kuliah. Bingung, akhirnya gue bilang ke icha kalo lewat jatibening, kalo ke jatibening nunggunya di deket kosan icha. Nunggu taksi ke kosan icha ga ada yang lewat, yang lewat tukang bajaj, terus gue bilang ke icha, ke pulogadung naik bajaj aja gimana, icha setuju, akhirnya naik bajaj kesana. Gue baru tau dari gambir ke pulogadung itu jauuuuh banget, naik bajajnya juga horror plus brisik. Udah mulai bĂȘte, ngga enak juga sama ichanya. Jam tiga lebih gue sampe di terminal pulogadung. Sampe sana banyak orang yang nawarin naik bus ini bus itu, tapi gue bingung harus naik yang mana, sempet dimarahin calo juga, uda mau nangis ajalah gue disana, akhirnya gue ngikutan seorang calo yang katanya bisa bawa gue ke Cirebon, taunya gue malah dibawa buat naik bus jawa, gamau lah gue. Udah kalut, panic, sedih, bingung, akhirnya gue nemuin calo yang bener, gue bilang mau naik luragung ato ngga sahabat, dan dia ternyata kernet bus luragung, pamit sama icha gue langsung naik bus. Ternyata disana gue adalah penumpang pertama, gue takut ntar dibawa kabur gimana, ntar gimana, untuk mengurangi ketakutan gue gue ajak ngobrol aja supirnya, terus gue bilang turun di terminal. Alhamdulillah, supirnya baik banget. Mobil ngetemnya lama banget, Bus baru bener-bener berangkat itu jam lima. Gue yakin banget nih, dirumah pada heboh khawatir sama gue. Yayu berkali-kali sms, bindah juga. Yang parah tuh, batre hape gue lobat, makin setres kan orang rumah. Untung gue udah inisiatif nulisin nomer-nomer keluarga gue di buku sebelum hape gue mati. Di perjalanan gue doa aja tuh, takut. Busnya cepet banget jalannya, jalanan udah gelap, takut lah pokonya. Kalo udah sampe plered, gue disuruh ngubungin orang rumah biar bisa ddijemput, taunya gue malah ketiduran, pas udah deket baru gue sms, itu juga pinjem hape bapa-bapa sebelah yang mukanya lumayan horror, gada senyum ekspresi ato apaan, gue beraniin minta pulsa ke dia. Akhirnya jam 21.30 di jam gue gue sampe Cirebon, gue turun di lampu merah graksan, tapi ko om gue belom keliatan batang hidungnya, mau ngubungin ya pake apa, hape gue tewas. Udah deh, tunggu aja, untung ada tukang becak yang baik ngajak ngobrol gue sampe gue dijemput. Pas sampe rumah, mama Cuma bilang “kamu beranian” heheeh.
Ini pengalaman pertama gue ke Jakarta sendirian, ekstrim sih baliknya, tapi sangat menyenangkan. Makasih banget buat icha yang udah gue repotin, susahin sampe gue bikin bĂȘte, jangan kapok ya kalo gue kesana lagi, hehe. Setelah perjalanan ini, gue yakin banget deh, mama bakal ngijinin kalo gue pergi keluar kota sendirian, yipppi! Pa, Ma Kiky udah besaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaar, udah bisa kemana-mana sendiri looooooh JJJ
Next destination . . . kemana yaaaaaaaa????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar