Selasa, 29 Mei 2012

New Life: Welcome Heels and make up!

Sebelumnya, gue gak pernah membayangkan hal ini terjadi pada diri gue, sama sekali, begitupun orang-orang sekeliling gue.

Semuanya berawal pada bulan februari kemaren, pas lagi buka twitter muncul di timeline @aboutcirebon tentang pendaftaran jakarara kota cirebon, pernah denger sih, jakarara itu semacem duta pariwisata kota cirebon, abang none lah kalo di jakarta mah. Penasaran sama kegiatannya, gue pun iseng mau ikutan. Biar ada temennya gue ajak catherine ikutan, dia pun oke, sip ada temennya. Gue terus nekat ke dinas pariwisata buat ambil formulirnya, pas baca-baca persyaratannya perempuan minimal tinggi 160cm, hmmm. Gue 155 aja gak nyampe kali, eh tapi waktu gue tanya ke cp nya tinggi ga jadi masalah, krudungan pun gapapa. Oke gue siapin semua persyaratannya, mulai dari foto close up, seluruh badan, pas photo, cv. Di formulir harus ada surat pernyatataan yang ditandatanganin sama orang tua, gue pun minta tanda tangan ke mama, pas mama tanya buat apa gue cuma bilang ada deeeh. Setelah semuanya lengkap gue langsung ke dinas lagi buat ngasiin, haha iseng banget gue. Dan ternyata setelah ngirim semua berkas gue baru sadar kalo gue ga ngelampirin copy ktp, ah yaudahlah gak bakal lolos juga.

Beberapa bulan berlalu, tak ada kabar, dan tak mau tau, serta tak peduli. Tapi awal mei gue pas lagi uts gue di sms sama panitianya buat dateng technical meeting di dinas, bingung dateng apa ngga, soalnya masalah utama catherine lagi di malaysia, gue gak ada temennya! akhirnya gue bilang ke panitianya kalo gue gak bisa ikutan TM soalnya lagi uts. Terus pas jumat 11 mei gue di sms sama panitia kalo hari sabtu ada outbond, dan wajib. Bingung deh gue, ikut apa ngga. Kalo ikut, gue gada temennya, bisa cengo kan disana, kalo ngga ikut ya penasaran kan ya. dengan segala pertimbangan akhirnya gue putusin buat ikutan, ah pede aja. ntar juga disana dapet temen baru. Gue pun nyiapin semua kepentingan outbond, dari mulai dresscode baju item, jas ujan, alas, makan, dll. Sabtu jam 7 pagi gue brangkat, bismillah. Sampe sana, ketemu sama orang yang emang belum pernah gue liat sebelumnya, eh tapi ada seorang yang mukanya familiar banget. yap, dhini, gue inget dia tuh adik kelas gue di smansa, langsung lah gue ajakin kenalan, nah dari situ gue jadi kenalan sama semua peserta yang lain. Panitia bilang yang kemaren ngga ikutan TM harus diukur tingginya, mampus gue! gue kan pendek banget, dan pas diukur, yaaaaa tinggi gue itu mmmm 154cm, tapi ternyataaa yang tingginya dibawah gue juga banyak, hahaha! seneeeeng *berasa tinggi*. Ngobrol-ngobrol, ternyata gue baru tau kalo besok tuh agendanya unjuk kabisa sama penjurian, mampuuuuus gue. Gue kan gak bisa nari, nyanyi, main alat musik. Galau lah gue

Lalu Kita pun disuruh kumpul di ruang tengah dinas, dikasih pengarahan sama kakak paguyuban. Dan ternyata eh ternyata outbond nya itu di jengjengjeng GUA SUNYARAGI. hmmm, yaaa bayangan flying fox, jaring laba-laba dsb langsung musnah dari bayangan gue, daaaan its right outbond nya manual. Kita bareng-bareng ke gua sunyaragi, gue sok sksd aja sama yang bawa motor biar bisa nebeng, hehe, udah berasa pawai deh naik motor bareng-bareng terus pake baju item, hehe. Sampe tempat tujuan, kita langsung bikin kelompok, satu kelompok terdiri dari lima orang. Kelompok gue kelompok satu terus berubah jadi kelompok tiga yang isinya Taufik, kiky, ivana, eka, mike. dan kami menamakan diri kami TUKIEM, dan yel-yel kami terinspirasi ceribel, chibi-chibi-chibi hahahaha!
Ini yel-yel kami
(nada cherrybelle ; beautiful)
We are Tukiem tukiem tukiem . . .
Taufik Kiky Ivana Eka Mike..
(nada Trio Macan ; Iwak Peyek)
Oh tukiem oh tukiem oh tukiem kelompok siji
kelompok siji kelompok siji kelompok siji paling hoki
(gaya cherrybelle)
Tukieeeeeem
BEST BEST BEST HA!

Masing-masing kelompok dikasi catetan untuk ke pos-pos sesuai urutan. Ah gue lupa namanya apa aja, cape, tapi menyenangkan. Yang paling berkesan adalah folding carpet, jadi di permainan itu gimana caranya kita berlima membalik karpet yang diatasnya ada kaki kita. dan sebelumnya kita satu persatu ditanya panitia motivasi ikutan jakarara. Mampus, gue kan iseng doang masa iya bilang iseng kan gak lucu. Karang karang karang akhirnya gue bilang "saya ingin mengembangkan pariwisata kota cirebon, dan ingin membangun cirebon" dan kebanyakan dari temen-temen gue pun menjawab kaya gue. lalu kita disuruh membalik karpet, awalnya eka punya ide buat nge gendong yang cewe-cewe tapiternyata gak berhasil, dan akhirnya kita pake sistem satu kaki, dan yap! berhasil, menyenangkan. Setelah itu mas imam (yang jaga folding carpet) bilang, lain kali kalo mau jawab pertanyaan yang realistis. hahaha, emang sih jawaban kita-kita ngga realistis banget.

Siang hari kami diberi waktu istirahat solat makan. Kelompok gue datengnya telat, terus ternyata langsung dipecah lagi kelompoknya, ada kelompok lutung, kera, monyet, kunyuk, apalagi ya lupa. Gue dapet kelompok kera. Terus kita dikasih permainan sama pak kadis, ya permainannya sama kaya waktu gue LDK, kelompok gue menaaaang! dikasih hadiah uang dari pak kadis, asikasik :). Alhamdulillah. Jam empat, outbond selesai, dan kita disuruh siapin hal-hal untuk besok. Galau pun menerpa, gue lanjut apa ngga ya buat besok? bingung. gue mau jawab apa nanti penjurian, bahasa inggris belepotan, sunda payah, cirebon kasar. Unjuk kabisa mau apa? yang lain kayanya pada niat-niat banget deh, sedangkan gue, aaaah apa banget. Udah mana disuruh pake heels, gue kan ga punya heeels, ada juga wedges, dan katanya ga boleh pake wedges, baju kantor mah punya, pake aja baju ngajar. Dengan pertimbangan dan ogah-ogahan akhirnya gue mutusin buat ikut, gue pake hipotesis gue "kalo orang bisa karena terpaksa", bismillah. Gue pun mikir siapaaa yang punya heels, eh ya tetangga gue yang guru PAUD kan punya, gue pun pinjem ke dia, dan pas! Sekarang tinggal mikirin mau unjuk kabisa apaan, baca puisi aja apa ya, puisi apa tapinya. Eh biar keren baca uisinya bahasa inggris. Gue pun minta bantuan kape buat cariin puisi bahasa inggris. kape dengan baiknya ngirimin gue puisi bahasa inggris tapi ya masya Allah panjangnya kaga nahan. udah ya mana bacanya susah. Kape tanya itu buat apa, dan gue gak bisa boong dari kape, sengit. Dengan malu malu gue bilang "qt ikutan jakarara pe, jangan bilang siapa-siapa ya" eh si kape malah tertawa terbahak-bahak! parah, bikin tambah down, tapi senengnya kape ngedukung banget :) terus dia bilang "kalo masuk tiga besar traktir pokonya" dan gue jawab "gausah tiga besar, masuk sepuluh besar juga tak traktir, soalnya ga mungkin qt masuk" gue yakin gue tuh ga akn masuk sepuluh besar, yaa nyadar diri aja sih ya. Tapi kape bilang, siapa tau itu rejeki ira, ga boleh pesimis. Yayaya, tapi yaaaa ga masuk di pikiran gue aja. Karena puisi kape kepanjangan, akhirnya gue googling cari puisi cerbonan di google, dan klik, dapet puisi muludan. Im ready for tomorrow!

Penjurian Pertama
Pagi-pagi gue sampe di dinas pariwisata kota cirebon, wuidih gila padaribet amat bajunya, terus pada make upa gitu, sedangkan gue cuma pake pelembab sama lipgloss. Sebelum penjurian dimulai, peserta disuruh maju semua buat diliat pakaiannya, nah si kakak paguyuban ngomenin baju-baju kita, so far baju gue aman, tapiiii, dia bilang make up gue kurang, spontan lah langsung gue jujur "ga bisa make up mas", gue pikir dia bakal marah gue ngomong gitu, eh ngga taunya dia malah bilang "gapapa ga bisa make up juga, ntar kalo masuk 10 besar ada beauty classnya, mudah-mudahan lolos" gue dan yang lain langsung mengamininya. Di penjurian ini kita dibagi per kelompok sesuai urutan nomer peserta, eh ya nomer peserta gue 47. Gue dapet kelompok 9, sekelompok sama diah, ajis, firman. Jadi caranya kelompok 1-6 masuk ke pos-pos dulu, dan 7-12 unjuk kabisa. Yang belum unjuk kabisa, nunggu dulu. Gue jiper liat yang lain kayanya persiapannya mateng banget, ada yang nari, nyanyi, ahh keren lah. Terus ada yang bawa kaya semace diktat yang isinya budaya cirebon, gilaaa gue belom sempet baca-baca begituan. Tiba giliran kelompok gue unjuk kabisa. Diah mainin trombon, firman nyanyi sambil main gitar, gue dan ajis baca puisis. Degdegan gue baca puisinya, mana mikirin ekspresi atau apapun lah ya, yang penting cepet selese. dan Ajiiiis keren bangeeet baca puisinya bikin merinding. Selesaaai, dikomentariin hiihi, yang penting selesai.
Keluar dari ruangan unjuk kabisa, langsung pada tanya gimana-gimana, hehehe parah. Nunggu sebentar, gue langsung menuju ke pos pos yang ada. Gue berusaha untuk tenang, dan selalu baca jimat gue, doa kelancaran berbicara! Dan selalu inget pesen yayu, kalo interview selalu bicara apa adanya, ngga boleh boong.
Pos Bahasa Asing: Ini pos paling gila menurut gue, gimana engga itu yang nanya ngomongnya kaya kereta api, sampe cigarrete, gue dengernya secret, hahah parah. Disini gue ditanyain tentang global warming, hukum internasional, pabrik roko, sama apa yaa lupa. Yaaa gue jawab dengan bahas inggris yang pas pasan.
Pos kepribadian: Disini kita dinilai bajunya, gue uda pede banget pake baju merah kesayangan gue, soalnya kata fitri gue cantik pake baju itu, dan bener aja untuk baju gue gak masalah katanya, terus gue disuruh jalan, ini nih yang paling ngga enak, gue kan jalannya kaya bebek, gue pun jalan, pelan dianggunin sedikit, tapi ngga lebay, terus kita ditanyain gimana cara interview yang baik, pengalamanpaling menyedihkan, dan menyenangkan dalam hidup.
Pos Pengetahuan Umum: Disini gue ditanya tentang MDGs (Milenium Development Goals) yang mencakup delapan bidang, dan masing-masing dari kita disuruh ngejelsin lima bidang tersebut, apa yang telah Indonesia lakukan dalam MDGs tersebut.
Pos kebudayaan: Disini kita disuruh ngejelasin tentang budaya-buday Cirebon, tari topeng, sintren, batik, dll
Pos bahasa daerah: Ini nih yang gokil, kita mau gak mau harus nguasain bahasa Sunda maupun Cirebon, itu pun yang kromo inggil. Abis ngomong sunda ke cirebon kan belibet, jadinya ada aksen-aksen sundanya dong ya, Ditanya ini itu, dan yang terakhir disuruh peragain jadi tour guide pake bahasa sunda.
Pos pariwisata: Disini gue ketemu pak Mus, orang paling kritis se dinas ya kayanya. Kita cuma ditanya pengertian pariwisata, tapi jadinya malah panjang banget. Gue inget, gue jawabnya Pariwisata adalah segala potensi yang dimiliki oleh suatu tempat, yang dapat menjadi daya tarik tempat tersebut. Pa mus langsung bilang bilang, berarti Buton, tempat penghasil aspal bisa disebut pariwisata dong. Gue langsung jawab, bisa pa, wisata iptek. hahah parah. Dari Pa mus lah gue jadi tau apa arti pariwisata. Pariwisata adalah segala yang berkaitan dengan perjalanan kita dari tempat asal, ke tempat yang dituju dan kembali lagi ke tempat asal. Jadi cakupan pariwisata itu luas, transportasi, makanan, tempat, birokrasi dsb disebut pariwisata.
Setiap masuk ke pos, udah jadi kewajiban buat memperkenalkan diri, dan motivasi. Di penjurian ini juga kita dituntut untuk bisa cepet ngejawab semua pertanyaan juri.

Gue pikir, ini tuh udah oenjuian yang bakal masuk ke 10 besar, taunya eh tauny ini cuma semacem simulasi doang -_-, dan kamis kita penjurian lagi. OMG.

Penjurian Kedua
Jujur awalnya gue udah ogah-ogahan ikut penjurian kedua, tapi kata temen baru gue namanya Dewi bilang, ayolah ky kapan lagi ikut beginian, ntar ga ketemu anak-anak lagi coba. Iya sih, lagian juga udah nanggung, gue udah nyemplung basah, masa iya harus mundur. Inget, mundur sebelum berperang adalah sifat pengecut.
Ternyata seleksi alam emang ada, banyak yang ngundurin diri di penjurian ini, hmmm untung gue gak ngundurin deh hehe. Di penjurian ini katanya kita harus pake blazer, gue inget linda yang badannya sama kaya gue kan punya blazer, gue langsung deh tuh minjem ke linda. Masih pake sepatu pinjeman, gue cus berangkat. Sampe sana, ivana, temen baru gue juga dengan sukarela make up in gue :") terharu, temen baru tapi brasa kaya uda lama. Penjurian masi tetep sama kaya yang pertama, tapi jurinya beda, jurinya itu dari dinas. Dan menurut gue, di penjurian ini agak lebih santai ga setegang yang pertama. Seperti biasa kelompok gue ke unjuk kabisa dulu, baru ke pos lainnya.
Pos bahasa Asing: Lebih santaaaai banget, gue disuruh bercerita tentang diri dan keluarga gue, disuruh menjelaskan tentang gua sunyaragi, mengeja extraordinary, dan membaca kata ship.
Pos psikologi: Psikolog nya asiiiiik banget deh. Kita dihadepin dengan 4 benda yaitu pulpen, uku, coklat, dan gunting kuku. Gue kebagian gunting kuku, dan disuruh ngejelasin tentang potensi wisata lewat gunting kuku -__-, terus kita ditanyain pendapat soal lady gaga yang mau dateng ke Indonesia, sebenernya Psikolog disini kalo menurut gue lebih banyak ngasi nasihat dibanding nilai, dan sangat menyenangkan, cantik pula :)
Pos bahasa Daerah: Yaa sama kaya penjurian pertama, tapi disini kita bukan disuruh jadi tour guide, melainkan jadi lurah yang akan memberi pengumuman. Sebelumnya dia nunjuk nomer peserta gue dan bilang "nomer pira iki" gue jawab "patang puluh pitu" sambil senyum dia bilang "sekawan dasa pitu" hahaha
Pos tata busana: Peserta diliat cara berpakaiannya, dan mereka gak ngomenin gue, cuma tanya blazernya punya sendiri? gue jawab bukan, pinjem. Mereka terus bilang, pinter minjemnya. Pikir gue, yaiyalah temen gue badannya sama semua kaya gue. Trus mereka bilang Kiky Aman :)
Pos pariwisata: Ketemu sama pa mus lagi, dikritisi lagi, dengan pertanyaan berbeda, dan lebih panjang -_-
Pos pengetahuan umum: Gak kaya penjurian pertama, di pos ini Pak Kadis yang jadi juri mau hal yang berbeda. Kita dikumpulin di ruang tengah dinas, dikasih tema "Merajut Indonesia kini dan menggagas Indonesia masa depan" dan kita disuru semacam berpidato dalam 2 menit tentang tema itu, dan gak sesuai urutan alias ngacak! Gue bingung harus ngomong apa ntar di depan, dan gue keingetan tentang esai gue, ya pendidikan. Gue ngomong aja tentang pendidikan, yang pernah gue bahas di esai. Gue dipanggil hampir terakhir, maju dan Alhamdulillah, gue lancar ngomongnya.

Setelah semuanya maju, panitia minta waktu satu jam untuk ngolah nilai dan ngumumin peserta. Mulai kerasa kebersamaan diantara masing-masing peserta, nyenengin. Menyemangati satu sama lain. Gue pun demikian, gue selalu bilang walupun ntar ga masuk sepuluh finalis tapi gue seneng udah ketemu mereka ketemu Ana yang gue bilang kepsek sedangkan gue mentri, ketemu eza yang gue bilang kiky teh pamenggeut nu make krudung merah, nambah pengalaman, gue jadi belajar tentang budaya cirebon yang sama sekali gue buta. Pokonya masuk ya Alhamdulillah, engga pun ya wasukurilah, orang gue mah iseng-iseng doang. Tiba di saat pengumuman, dan nama gue disebut, woooooy, disebut, Rizky Purnama. Spechless, karena emang ga nyangka sama sekali kalo bakal lolos. Ivana dan dewi pun lolos :). Sedih, pisah-pisahan sama yang ngga lolos, mereka pulang. Dan kami sepuluh besar finalis Jakarara Kota Cirebon langsung disuruh ke halaman dinas, kkaka paguyuban nyuruh cewe-cewe lepas heels terus baris dari yang Tinggi sampe yang pendek, cowo pun demikian. Dan, cowo yang dibelakang cewe adalah pasangannya, gue pasangan sama Ijal. Selesai itu, kita langsung do touch up buat pemotretan, padahal udah cape dekil kumel. Terus kita dikasih time line, kegiatan kita. Gue bersyukur sama Allah karena jadi salah satu bagian dari 10besar finalis Jakra2012 kota Cirebon.

Sampe rumah, gue bilang ke mama kalo gue masuk sepuluh besar finalis jakarara. Gue sih sempet bilang ke mama gue mau jadi duta pariwisata, tapi mama nangkepnya kalo gue jadi pemandu wisata, gubrak! Pas gue jelasin, mama pun setuju dan dukung gue, seneng deh. Bilang ke yayu, yayu pun seneng dengernya. Gak lupa kasi tau kape, fitri dll :) orang-orang yang ada di belakang gue, gue ngucapin terimakasih banget.
Sekarang gue ngejalanin semuanya dengan penuh semangat. Gue gak ngoyo buat menang, buat jadi bagiannya aja gue udah bersyukur banget, inget walnya kan gue iseng, nah ini adalah iseng-iseng berhadiah. Tiap weekend ketemu sama finalis yang lain, talkshow dan yang lain. Promosiin diri gue biar orang-orang vote yang banyak. Sempet sebel sih, kalo ada yang bilang gue artis, gue bukan artis, gue lebih suka dipanggil sebagai duta, itu lebih classy.
Bismillah, gue tau ini uda ada di jalan hidup gue, yang udah Allah tetapin ke gue, dan pastinya paling baik buat gue. Dan gue berusaha melakukan yang terbaik sampai malam final 16 JUNI nanti. Gue pengen ada papa, coba kalo papa tau gue masuk, pasti beliau ikut seneng, tapi gue tau ko papa selalu liat gue dari tempat terbaik di atas sana.
Terimakasih Allah.
Ini permulaan hidup baru gue, welcome heels and make up!
God give me this way, And I will do de best , bismillah.

Kami Jakarara Kota Cirebon
Kami siap hadapi tantangan
Kita bisa kita pasti bisa
Jakarara semua pasti bisa
Cinta budaya Cinta Pariwisata
Jakara kota Cirebon
Jakra Cirebon
Jakra Cirebon
Jakra Cirebon
Jakra Cirebon
Jakarara 2012 .... istimewa

2 komentar: