Senin, 28 Mei 2012

Tanggung Jawab Itu Mahal


Jumat, 10 Mei 2012, saya dan fitri mengikuti workshop koperasi, yang diadakan Kementrian koperasi dan ukm bekerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati. Sebelum mengikuti acara ini, saya galau, karena seperti biasa hal penting lain yang harus saya datangi, dengan waktu yang sama namun tempat berbeda. Menimbang nimbang, mana yang harus dipilih, akhirnya saya memilih untuk ikut workshop, karena workshop tersebut katanya dihadiri oleh menteri, dan fitri bilang acara ini adalah program kerja kementrian koperasi di daerah-daerah di Indonesia, kemarin di Cianjur diliput oleh Metro tv, dan yang terkhir acara ini GRATIS!.  Sekitar jam 8 pagi, saya sampai di Gedung ICC Kompleks Masjid Raya At-Taqwa,. Hmmm ko sepi-sepi aja ya, biasanya kalo ada menteri itu banyak polisi yang datang, tapi ini ko ngga ada, pikir saya. Saya pun langsung registrasi, dan susuk sambil menunggu fitri datang. Ketika sedang menunggu fitri, saya disms oleh teman yang mengikuti acara satunya dan bilang, kalau acara itu diundur. Yes, Alhamdulillah, Allah selalu menyelamatkan saya J
Setelah jam9, fitri sudah datang dan acara pun dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan-sambutan dan sebagainya. Acara ini seperti asing bagi saya, dari sekitar 500 hanya beberapa orang yang mukanya familiar, yang lainnya, hmmm boro-boro kenal. Mungkin karena kebanyakan peserta adalah mahasiswa IAIN. Setelah pembukaan masuklah ke materi, yang saya fikir akan disampaikan oleh menteri, tapi ternyata eh ternyata yang menyampaikan adalah deputi SDA atau apa saya lupa namanya, dan itu pun wakilnya. Hmmm, pantes aja sepi banget! Lalu seperti biasa ada motivator-motivator gitu. Jam 11 istirahat sholat jumat, dan acara akan dimulai lagi jam 1 siang. Saya dan fitri memutuskan untuk ke gramedia menghabiskan waktu, karena ada buku yang saya ingin baca, bukan beli karena harganya lumayan, hehe.
Setelah bernegosiasi akhirnya kami memakai motor fitri, dengan pertimbangan bensin motor saya yang seuprit, dan motor saya susah dikeluarkan, karena jumat parker attaqwa dipenuhi oleh jamaah sholat jumat. Dengan catatan saya yang nyetir. Deal. Kami pun menuju gramedia, seperti biasa dalam pejalanan kami ngobrol-ngobrol santai, dan fitri bilang parkir di sanya saja, dan saya pun setuju. Sampai di daerah tentara pelajar, saya keasikan ngobrol dengan fitri, sekitar satu meter depan motor ada mobil yang berhenti karena macet, dan saya tidak bisa ngerem motornya, remnya gak pakem! Dan akhirnya duarrrrrrrrr! Saya pun menabrak mobil tersebut. Panik? Sangat! Takut? Jelas! Yang saya takutkan adalah satu, POLISI, karena saya tidak memiliki SIM, dan saya memakai motor fitri dan fitri TIDAK MEMBAWA STNK. Masalah utama adalah, MOBILNYA BAGUUUUUUUUUUS! Kebayang kalao disuruh ganti rugi yang banyak gimana, kalo dibawa ke kantor polisi gimana, ah pikiran-pikiran jelek langsung berkecamuk di otak saya.
Pas saya nabrak, saya langsung memacu motor menghampiri yang menyetir mobil seraya bilang “maaf”, tapi yang punya mobil gak terima dan bilang “turun”. Saya pun minggir, dan orang tersebut keluar dari motornya dengan tampang yang sangat menyeramkan. Sumpah, saya takut banget karena punya salah. Saya dan Fitri pun turun dan mencoba untuk tetap tenang. Orang yang nyetir pun keluar, mukanya sangar banget deh, dan dia langsung minta ganti rugi, minta stnk motor, dan sebagainya, pokonya dia marah-marah lah. I try to cooling down myself, tapi si bapa tetep ngotot. Dan pas saya lihat itu mobil hanya tergores sedikit, eh bukan tergores lebih tepatnya cat motor fitri nempel di bagian belakang mobil tersebut, sedikitlah, gak banyak-banyak, saya berusaha menghilangkan, tapi ngaa hilang-hilang. Saya pun bilang dengan hati-hati “ini kan sedikit pa, pake sabun colek juga bisa.” Si bapa ngga terima, dia keukeuh mobilnya harus bener lagi. Saya sama fitri udah mencium gelagat komersil si bapa, dan terbukti si bapa minta uang ganti rugi, plaaaaak! Saya sama fitri kan lagi seret-seretnyaaa huhuhu. Dan saya bilang “saya mau tanggung jawab pa, tapi kami mahasiswa kalau bapa minta uang segitu jujur kami berat, gini aja yuk sama-sama kita cari salon mobil” si bapa marah-marah bilangnya mana ada salon mobil deket sini, udah mau solat jumat lah apalah ini lah itu lah, tapi ujung-ujungnya mah mau. Si bapa jalan duluan menyusuri tentara pelajar, saya dan fitri di belakangnya, sempet bilang ke fitri gimana kalau kabur aja, tapi fitri bilang jangan kalau kabur nanti malah dapet celaka yang lebih lagi, baru sebentar jalan, si bapa berhenti dan keluar dari mobil dan teuteuuuuup galak! Beliau marah lagi, dan eh jadinya malah curhat katanya dia itu supir, kalo tiap bulan mobil itu di cek, kemarin ada yang nabrak spionnya dia harus ganti rugi ke kantor lima ratus ribu, dll. Iba lah saya dengerinnya, inget om yang supir juga, gimana kalo kejadian kaya gini, om saya tiap bulan harusganti rugi. Akhirnya stelah bernegosiasi kami pun sepakat memberikan sejumlah uang untuk ganti rugi. Dan si bapa pun pergi. Tinggal fitri yang ngedumel aja, tapi saya bilang “mungkin ini gara-gara gue kurang sedekah, jadi dicubit sama Allah suruh sedekah ke bapa-bapa tdi” berasa fakir miskin dong ya bapa-bapa tadi. Sebenrnya saya bersyukur sih, nabraknya Cuma dikit, coba kalo tabrakannya kenceng sampe kecelakaan? Amit-amit deh, terus ntar ganti ruginya kan bisa parah banget, Alhamdulillah sih. Fitri terus bilang “lagian kamu kalo nabrak tuh milih-milih coba, kenapa gak mobil jelek aja yang ditabrak ato angkot sekalian” terus saya langsung bilang “heh, setres kalo angkot malah lebih parah, ntar diamuk massa gimana, polisi lah ntar urusannya” Kalo udah ngomongin polisi, udah pasti diem. Emang giamanpun saya sih yang salah, naik motor sambil ngobrol, udah mana ga punya sim. Ke polisi pun kami pasti yang akan salah.
Ada hal yang lucu, jadi sebelum kejadian ini pas seminar fitri itu cerita tentang suatu hal yang akhirnya saya bilang “tak sumpahin lo ntar ditilang”, dan setelah itu kami pun nabrak, hahaha! Bener ya kita tuh harus hati-hati dengan ucapan kita. Ada pelajaran yang bisa saya ambil dari kejadian ini, ya tanggung jawab itu mahal, bisa kabur tapi bakal ada tanggung jawab lebih besar ketika kita kabur. Semua hal yang kita lakuin pasti ada konsekuensinya, jadi harus terima semuanya dengan penuh tanggung jawab. Mau ga nabrak? Makanya jangan ngobrol pas nyetiiiiir hahahaha. Sempet trauma sih, pokonya gamau nyetir motor fitri lagiiii! Dan jaga jarak kalo depannya mobil-mobil kece, bahaya kaaaan kalo alphard yang kena tabrakan saya, alamat jual motor buat ganti rugi, eh jual motor juga kurang kali ya. Hehe.
Pulang seminar sore saya mampir kerumah kembaran papah, bi Yati. Seperti biasa melihat saya naik motor Bi Yati selalu memberi wejangan-wejangan. Dimulai dari kalau naik motor pake jaket, biar ga masuk angin, disuruh cepat-cepat bikin SIM, dan yang terakhir hati-hati naik motornya, pelan-pelan aja biar ga nabrak. Deg, saya langsung senyum-senyum pait ngedengernya, hehe. Kalo Bi Yati tau bahaya, nanti bilang ke mamah terus Ijin naik motor saya dicabut, hahaha!
Be careful everybody J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar